Brilio.net - Menjalin silaturahmi dengan keluarga besar tentu sangat penting. Bagaimanapun juga keluarga adalah orang terdekat yang selalu memberi semangat. Namun terkadang untuk berkumpul dengan semua anggota keluarga setiap hari cukup sulit. Karena kesibukan dan atau jarak yang jauh, biasanya mereka akan berkumpul pada momentum tertentu.

Misalnya saja ketika perayaan besar seperti Idul Fitri, Natal, atau bisa juga arisan keluarga besar. Pada waktu tersebut keluarga mulai dari kakek, nenek, ayah, ibu, paman, bibi, cucu, buyut, sampai anak buyut berkumpul jadi satu.

Setiap orang tentu punya tradisi atau kegiatan unik yang dilakukan saat kumpul keluarga. Seperti acara kumpul keluarga yang satu ini, saking banyaknya anggota yang berkumpul mereka sampai menggunakan tanda pengenal, lho.

Brilio.net melansir TikTok @rachelliana, pada Kamis (26/8), perempuan bernama Rachelliana Rani membagikan momen kumpul keluarganya di TikTok. Yang menjadi unik adalah semua anggota keluarga yang hadir diberi pin serta tanda nama di baju.

"Halal bihalal keluarga Kakek. Beberapa tahun sekali kumpul anggota keluarga adik, kakak dan sepupu2 alm. Kakekku," tuis Rani dalam video.

kumpul keluarga pake pin © 2021 TikTok

foto: TikTok/@rachelliana

Acara halal bi halal keluarga ini kerap digelar dengan mengundang keturunan dari Soema di Pradja, yang tak lain adalah buyutnya. Agar tidak kebingungan, setiap anggota diberi pin dan stiker dengan warna yang berbeda.

"Nah kl gue sendiri keturunan GADJALI SDP, jd ketika Halal bi halal gue pakai sticker kuning untuk menandai gue itu keturunan Gadjali SDP," ungkapnya dalam video.

Pin tersebut dibagi menjadi tiga dengan keterangan posisi di keluarga, diantaranya anak, incu, buyut, dan bao (anaknya buyut). Sedangkan sticker dibagi menjadi tiga yaitu kuning, hijau, dan oranye. Masing-masing stiker diberi tulisan berupa nama, nama ibu, nama kakek, dan nama buyut.

kumpul keluarga pake pin © 2021 TikTok

foto: TikTok/@rachelliana

Keunikan tidak sampai disitu saja, acara yang digelar sebelum pandemi ini juga memperlihatkan buku silsilah keluarga juga foto-foto lawas dari keluarga besar Soema di Pradja.

"Sampe kita punya buku silsilah keluarga lumayan tebel," terang Rani.

Video kumpul keluarga tersebut pun mendapat perhatian dari warganet. Mayoritas kagum dengan persaudaraan erat yang dijalin oleh keluarga tersebut.

kumpul keluarga pake pin © 2021 TikTok

foto: TikTok/@rachelliana

"halal bi halal udah kayak hajatan, apa lagi hajatan," tulis Ilhamsyah.

"kakeknya keren bgt bisa ngumpulin kelg besar begituu," komentar atikayuwdn.

"anak kakek banyak ya? keren bgtt soalnya kompak dan mau di ajak reuni gini," ujar akun @fruitfulberry.

"keluarga besarku jg ada buku silsilahnya gitu sii, klo halal bihalal atau arisan jg ramee bgt tp ga pake pin kyk gituu, bisa ditiru lahh," tambah akun @piwwysyafa.

@rachelliana

Kapan ya bisa halal bihalal kayak gini lagi hehe ‍‍‍ ##family ##keluarga ##keluargamama ##fyp ##fyp ##fypage

Memories - Marlon 5