Brilio.net - Setiap calon pengantin pasti ingin tampil yang terbaik pada momen bahagianya. Berbagai cara dilakukan agar tampil terbaik saat acara pernikahannya. Mulai dari memilih pakaian yang terbaik hingga menggunakan jasa makeup artist atau MUA.

Sebagai seorang MUA tentu dituntut untuk bisa menghasilkan riasan wajah yang apik dan membuat kliennya merasa puas. Terlebih lagi saat merias wajah pengantin. Selain harus sesuai dengan selera kliennya, berbagai tantangan merias pengantin memang bukanlah perkara yang mudah.

Seperti kisah salah seorang MUA yang belakangan ini ramai di media sosial. Dilansir dari sebuah video yang ada di akun TikTok @makeupbyiirma, Kamis (26/8) sang penata rias ini membagikan kisahnya saat mendapatkan klien wanita yang akan menikah. Bukan sekadar merias saja, MUA ini curhat jika kliennya juga harus menjalani ritual adat Jawa.

@makeupbyiirma

Ritual Jawa yang pernah kami tau di Lokasi Wedding

Sounds like a mystery music box - Yohei

"Ritual Jawa yang pernah kami tahu di lokasi wedding, Saat aku dan tim make up pengantin di Blitar. Ada beberapa ritual pengantin yang dilakukan. Berikut beberapa ritual yang kami tahu saat hari itu juga," tulis pemilik akun TikTok tersebut pada unggahan videonya.

Ritual adat Jawa tersebut yakni si pengantin wanita tak diperbolehkan keramas selama 7 hari menjelang pernikahannya. Alhasil sang MUA berusaha untuk turut memamerkan hasil riasan sang pengantin agar mengeluarkan aura kecantikan.

Tidak keramas tujuh hari jelang nikah © TikTok/@makeupbyiirma

foto: TikTok/@makeupbyiirma

Selain tak diperbolehkan keramas, pengantin juga harus memiliki keris. Ritual meliputi penyalaan dupa yang tidak boleh mati. Dupa itu juga harus dilengkapi dengan berbagai sesajen di dalam kamar selama dirias.

"Penyalaan dupa selama acara dan tidak boleh mati. Keris tidak dari perlas, melainkan dari keluarga sendiri. Terdapat sajen di sekeliling dupa," jelas MUA dalam videonya yang sudah ditonton sebanyak 7,6 juta orang itu.

Tidak keramas tujuh hari jelang nikah © TikTok/@makeupbyiirma

foto: TikTok/@makeupbyiirma

Setelah selesai dirias, sang MUA bahkan dibuat terkejut dengan penampilan si pengantin. Ia menyebut jika aura pengantinnya begitu terpancar, entah karena ritual atau makeup.

Warganet pun juga setuju dengan pernyataan sang MUA. Sebagian besar warganet memuji hasil makeupnya yang tak menor namun tetap terlihat elegan.

"asli ngaruh banget apa ya ritual2 begitu, cantik parah pengantinnya" tulis @Putriii.

"divideo ja aura nya keluar, apa lagi aslinya" saut @nonaaa.

"Sumpah cantik banget" timpal @Boru.

"mitos di daerahku Blitar juga.. gak boleh cuci baju katanya takut hujan deras" tambah @krisniatiwi.