"Yang pertama aku nutup hutang yang berbunga tinggi dengan cara meminjam ke teman yang memang sudah mapan, ya. Dan tentunya nggak ngasih bunga karena hutang keluargaku ini terbilang unik karena minjem sama rentenir jadi bunganya itu tinggi banget dan mau nggak mau aku harus menutupi terlebih dahulu," ungkapnya.

sandwich generation lunasi utang keluarga Rp 40 juta © 2023 brilio.net

foto: TikTok/@giantiara26

Cara kedua adalah mengatur alur keuangan dengan membagi uangnya ke beberapa kantong. Selain itu, ia fokus pada membayar utang daripada menabung.

"Ke-2, aku mengatur cash flow, membagi penghasilanku ke beberapa pos dan fokus membayar hutang dibandingkan saving," jelasnya.

Kemudian adalah ia memiliki target untuk menambah pemasukan dengan mengambil kerja lainnya. Berbagai pekerjaan, mulai dari freelance event hingga admin media sosial.

"Tiga, caraku adalah menambah income, aku sering banget freelance event ataupun mungkin admin sosmed ataupun apapun itu yang bisa kaku kerjakan supaya bisa menambah incomeku," jelasnya.

Ia sama sekali tidak merasa malu untuk jualan di media sosial. Mulai dari menawarkan jasa maupun jualannya ke teman-temannya selama itu bisa menambah income.

"Aku sama sekali nggak pernah malu untuk jualan di sosial media. Nggak pernah malu nawarin jasa aku ke teman-teman aku. Pokoknya apapun itu supaya aku bisa nambah income," katanya.

Ia berhasil melunasi utang keluarganya dengan tiga cara tersebut selama tiga tahun bekerja. Namun ia berharap kisahnya ini menjadi pembelajaran buatnya agar tidak mengambil utang konsumtif.

"Dan Alhamdulillah dengan ke-3 cara tersebut dalam waktu tiga tahun alhamdulillah utangnya bisa lunas. Agak lama ya, ya namanya juga fresh graduate. Berharap apa sih, tapi dengan ini semua bikin pembelajaran buat aku banget untuk tidak ambil hutang apalagi hutang yang bersifat konsumtif. Semoga jadi pembelajaran ya untuk kita semua," pungkasnya.

sandwich generation lunasi utang keluarga Rp 40 juta © 2023 brilio.net

foto: TikTok/@giantiara26

Wanita tersebut mendapatkan ucapan semangat dari warganet. Ternyata tak hanya ia saja yang memiliki pengalaman tersebut.

"Di sini, aku bisa tau. Banyak banget orang orang hebat yang pundaknya kuat banget. Semangat teman teman ," kata @kurnia_nay.

"Keren kak, kita sama!! disuruh nglunasin utang ratusan juta. huhu capek bgt kdg, karena gaji habis buat bayar utang ortu aja," kata @shashakedua.

"Same but different, ternyata ga sendiri, thankyou for sharingg kakkk, kamu kerenn banget," kata @coconude00.

"Hutang ortu aku juga banyak bangett.. 200 jutaan juga.. tapi aku bingung gimana mulainya kasihan lihat mereka uda mulai tua," karta @alwayshappy2712.

"Tahun 2018 umur 17 tahun udah mulai bayarin hutang ortu 200 juta. sampai skrg belum selesai.. Dan aku lelah," kata @shooky181.

@giantiara26 Generasi sandwich yg merasakan seperti aku kuncinya sabar yaaaa Percaya Allah gk akan ngasih ujian di luar batas kemampuan kita :) #generasisandwich #sandwichgeneration #financialplanning #frugalliving #hidupminimalis #millenialsbelike #fyp Tenang - Yura Yunita