Brilio.net - Sepeda terdiri dari beberapa jenis. Perbedaan itu terletak pada fungsi, jenis trek atau lokasi yang dilalui. Sah-sah saja kok, kalau kamu mau pakai sepeda pilihan di jenis medan apa saja. Namun demi menghindari kejadian yang tak diinginkan, kecelakaan misalnya, kamu perlu menimbang dan memilih jenis sepeda yang sesuai.

Mulai dari jenis sepeda fixie yang cukup terkenal belakangan di kalangan remaja, sepeda lipat praktis dan bisa dibawa ke mana saja, sepeda city bike dengan keranjang di bagian depan biasa dipakai di kota besar, touring bike dan commuter bike, sepeda balap ringan dan cepat, tandem bagi kamu yang ingin berboncengan dengan pasangan, hingga BMX yang kerap dipakai untuk atraksi.

Satu lagi yakni sepeda serba bisa, apalagi kalau bukan MTB (Mountain Bike) atau sepeda gunung. Berbicara mengenai MTB, bukan lagi rahasia kalau sepeda jenis ini nggak kalah hits dari lainnya. Saat berkendara dengan MTB, seolah kamu bisa tampil lebih keren dan tangguh. Mampu melewati bermacam-macam lintasan.

Mulai dari jalan berlubang sampai jalanan yang berlumpur bisa dilalui dengan sepeda ini. Jangan khawatir nggak nyaman saat membawa sepeda gunung, karena ia sudah dilengkapi dengan suspensi yang empuk.

Salah satu ciri yang menonjol dari MTB adalah ukuran dari tapak bannya yang biasanya cukup besar dan dilengkapi dengan ulir ban yang bergerigi seperti ban pada motor trail. Bukan tanpa sebab, hal itu berfungsi untuk menyeimbangkan sepeda saat berada di jalanan yang butuh daya cengkeram yang lebih kuat, seperti jalan licin berlumpur.

Loading...

Salah satu produsen lokal atau asli Indonesia, Polygon, menawarkan sejumlah merek berkualitas. Produk buatan anak bangsa ini cukup digemari masyarakat. Produsen berbasis di Sidoarjo, Jawa Timur ini juga punya beragam tipe sepeda MTB, salah satunya ialah Polygon Cascade 2.

Sepeda Polygon Cascade 2 sangat nyaman dipakai untuk pemula hingga profesional. Bisa jadi teman bersepeda yang andal dipakai untuk harian, komuting, hingga weekend riding di trek off-road. Harganya yang kompetitif dan bisa dijangkau berbagai kalangan, menambah daya tarik sepeda ini. Kamu bisa mendapatkan sepeda ini dengan kisaran harga Rp 2,6 juta saja.

Berikut spesifikasi lengkap Polygon Cascade 2, seperti dirangkum brilio.net dari laman resmi Polygon, polygonbikes.com dan rodalink.com pada Senin (15/6).

Polygon Cascade 2 polygonbikes.com

foto: rodalink.com

What's in the box: 1 x Polygon Cascade 2 Mountain Bike

Brand: Polygon

Frame Size: M

Frame: AL6 XC SPORT FRAME

Fork: Suntour XCE28 100MM Travel

Head Set: Semi-Integrated Headset

Stem: Entity, Alloy, E:45MM BB:31.8MM

Handlebar: Steel,W:680MM R:40MM BB:31.8MM

Rear Derailleur: Shimano Tourney TZ31

Front Derailleur: Shimano TZ500

Shifter: Shimano ST-EF41 3X7 SPEED

Bottom Bracket: Cartridge BB

Crank Set: Steel Crankset 42X34X24T

Cassette: Shimano MF-TZ500 7-SPEED 14-28T

Chain: KMC HV-500

Pedal: PP Pedals

Brake: Shimano ST-EF41 Lever, Tektro MD-M280 Disc Brake

Wheel Set: Alloy Wheelset 32H

Tire: Kenda 27.5"X2.1"

Saddle: MTB Saddle

Seat Post: Steel, 27.2MMX300MM

Bike Stand: Included

Wheel Size: 27.5"

Weight: 17kg

Menurut size chart sesuai tinggi badan, sepeda Polygon Cascade 2 size S pas dipakai untuk ukuran tubuh 152,5 cm -165 cm, Size M untuk tinggi badan rentang 162,5 cm - 175 cm, size L cocok dipakai tinggi badan 172,5 cm - 185 cm, terahir ukuran XL nyaman dikendarai oleh orang yang tinggi badannya 182,5 cm - 195 cm.

Polygon Cascade 2 polygonbikes.com

foto: polygonbikes.com

Frame Cascade 2 cukup ringan. Menghadirkan teknologi frame AL6 Polygon, kerangka aluminium alloy yang kokoh. Geometrinya dapat memberikan kenyamanan bagi pengendara. Poin ini bisa jadi pertimbangan utama dari seri ini.

Bagian suspensi telah dipercayakan pada Suntour XCE28 dengan panjang travel 100mm. XCE28 cukup andal dalam mengurangi getaran dari trek off-road ringan. Jadi kamu bisa percaya diri soal urusan kestabilan dalam melibas trek.

Tersedia 21 opsi kecepatan (3 x 7 speed drivertrain). Opsi tersebut bisa kamu pilih sesuai dengan kesulitan dan kecepatan yang diinginkan. Pilihan yang tepat bisa membuatmu tetap nyaman saat mengayuh, meskipun berada di jalan menanjak.

Kemudian memacu kecepatan di jalanan mendatar. Perpindahan antar kecepatan ini dijamin terasa halus, tidak berasa. Karena telah menggunakan teknologi dan konstruksi Shimano yang terpercaya.

Polygon Cascade 2 polygonbikes.com

foto: polygonbikes.com

Polygon Sepeda Gunung Cascade 2 ini menggunakan rem mekanik. Bagian pengereman pakam dan mumpuni karena sudah menggunakan disc brake. Keluaran pabrikan Tektro (lever rem menggunakan Shimano), kamu tidak perlu khawatir dengan rem yang tidak 'menggigit' dan pakam.

Bahkan saat bersepeda di area hujan atau medan berlumpur off-road sekalipun. Kamu bisa lebih nyaman saat berpacu di segala medan off-road.

Polygon Cascade 2 menawarkan ban Kenda berukuran 27.5 x 2.1 inci dengan knobs profile yang cukup padat. Tidak terlalu menonjol, cocok digunakan di medan yang bervariatif. Saat berkendara di jalan aspal, laju sepeda ini bisa kencang.

Rolling resistance relatif lebih rendah dibanding ban MTB yang berprofil tinggi knob-nya. Ban sepeda ini dipasang pada double-wall alloy wheel. Kualitas tangguh dan mampu mengatasi goncangan dan tantangan.