Brilio.net - Setiap orang tentu menginginkan badan yang sehat dan bugar. Karena itulah orang mulai aktif menjalankan olahraga. Salah satu jenis olahraga yang belakangan ini sedang tren adalah bersepeda. Jenis olahraga yang satu ini banyak dilakukan berbagai kalangan.

Berbagai manfaat pun bisa kita dapatkan jika rutin bersepeda. Manfaatnya antara lain mampu menguatkan kaki, sebagai latihan otot inti, menjaga metabolisme tubuh, meningkatkan vitalitas pria, menjaga persendian, dan menjaga keseimbangan tubuh. Bersepeda juga dipercaya mampu menurunkan resiko terkena penyakit berbahaya seperti serangan jantung, diabetes, tekanan darah tinggi, dan stroke.

Untuk melaksanakan olahraga ini, tentu membutuhkan sepeda. Ada banyak jenis sepeda yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan. Namun salah satu jenis sepeda yang cukup digemari adalah jenis sepeda MTB (Mountain Bike). Sesuai dengan namanya, MTB ini merupakan sepeda gunung yang bisa menempuh medan yang terjal.

Dalam memilih sepeda MTB, ada beberapa komponen yang sebaiknya kamu perhatikan. Salah satunya adalah bahan kerangka yang digunakan. Biasanya sepeda gunung ada yang memiliki kerangka terbuat dari baja, aluminium, alloy, dan carbon fiber. Untuk kerangka, kamu bisa memilih yang ringan atau yang kokoh.

Pertimbangkan pula soal kecepatan dan jenis rem cakram, apakah menggunakan sistem mekanik dengan kabel, atau hidraulis yang menggunakan oli. Jika kamu mencari jenis rem dengan kemampuan pengeraman yang lebih kuat, maka pilihlah rem jenis hidrolik.

Loading...

Kemudian penting untuk memperhatikan suspensi atau shockbreaker. Fungsi dari suspensi ini adalah meredam guncangan sehingga kamu pun akan lebih nyaman saat mengendarainya. Klasifikasi sepeda MTB dari jenis suspensi yang digunakan dibagi menjadi 3 macam.

Pertama, Fully Rigid yakni sepeda MTB yang populer di tahun 80-90an tanpa suspensi. Kedua, Hardtail yakni sepeda MTB dengan suspensi bagian depan dan cocok untuk daerah yang menanjak, atau di jalur pegunungan dengan kondisi kemiringan yang datar.

Dan yang ketiga, Dual atau Full Suspension yang memiliki suspensi pada bagian depan dan belakang. Tipe sepeda MTB dengan full suspension inilah yang dinilai paling nyaman digunakan pada medan berbatu atau jalanan yang tidak rata.

Nah, untuk kamu masih bingung mencari sepeda yang cocok, ada salah satu sepeda MTB merk Polygon yang mungkin bisa menjadi pertimbangan, yakni Polygon Cascade 4. Berikut ulasan lengkap tentang harga dan spesifikasi Polygon Cascade 4 yang dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (12/6).

-Tampilan Polygon Cascade 4.

Polygon Cascade 4 berbagai sumber

foto: polygonbikes.com

Spesifikasi Polygon Cascade 4.

Polygon merupakan salah satu produsen sepeda yang namanya cukup populer di Indonesia. Merk sepeda buatan dalam negeri ini juga sudah diekspor ke Eropa dan Australia. Jadi nggak heran jika banyak orang sudah percaya dengan kualitas sepeda merk Polygon.

Salah satu produk yang dikeluarkan oleh perusahaan ini adalah sepeda MTB. Seri sepeda MTB Polygon Cascade dinilai cukup laris manis di pasaran. Nah, tahun 2020 ini, Polygon kembali memperkenalkan seri terbarunya yakni Polygon Cascade 4.

Sesuai dengan keterangan dalam website resminya polygonbikes.com, seri sepeda MTB Polygon Cascade 4 ini dirancang dengan frame alloy AL6. Kerangka atau frame berbahan alloy sendiri dikenal ringan, kuat dan tahan karat.

Seri Cascade 4 ini juga diklaim memiliki geometri yang modern untuk meningkatkan kenyaman. Rodanya berukuran 27,5" dengan suspensi 100 mm yang cukup baik meredam benturan. Sistem pengereman masih menggunakan Disc brake atau cakram biasa pada bagian depan dan belakang. Meski tak sekuat dan seempuk rem hidrolik, namun rem ini lebih mudah perawatannya.

-Rincian lengkap spesifikasinya sebagai berikut.

Frame : AL6 XC SPORT

Fork : SUNTOUR XCM 100MM TRAVEL

HeadSet : ZS 44/28.6 | ZS 44/30

Stem : ENTITY OE, ALLOY E:60MM BB:31.8MM

Handlebar : STEEL W:680MM R:40MM BB:31.8MM

Rear Derailleur: SHIMANO RD-TX800

Shifter: SHIMANO ST-TX800 3X8 SPEED

Bottom Bracket: CARTRIDGE BB

CrankSet: ALLOY CRANKSET 40X30X22T

Cassette: SHIMANO ALTUS CS-HG31 8-SPEED 11-32T

Chain: KMC Z-7 8-SPEED

Pedal: ALLOY CAGE W/ REFLECTOR

Brake: TEKTRO MD-M280-PM DISC BRAKE

Wheel Set: HLQC-GA18 DOUBLE WALL ALLOY RIMS W/ ALLOY HUBS

Tire: PERFORMANCE TIRE

Saddle: FOMING STEEL RAIL

Seat Post: ENTITY SPORT, 15MM OFFSET, 27.2MMX350MM

Wheel Size: 27.5"

Color : BLACK GREEN

Untuk ukurannya, Polygon Cascade 4 ini ada ukuran S, M, L, dan XL dengan rincian tinggi beserta panjang seat nya sebagai berikut.

- Size S.

Height/cm : 152,5-165

Seat Tube Length/in : 15.5/16

- Size M.

Height/cm : 162,5-175

Seat Tube Length/in : 17/18

- Size L.

Height/cm : 172,5-185

Seat Tube Length/in : 20

- Size XL.

Height/cm : 182,5-195

Seat Tube Length/in : 21

Harga Polygon Cascade 4.

Setelah mengetahui ulasan lengkap soal spesifikasi Polygon Cascade 4, selanjutnya kamu bisa mempertimbangkan harga dan biaya yang perlu disiapkan. Nah, mengkutip dari website resmi polygonbikes.com, sepeda MTB Polygon Cascade 4 ini dibanderol dengan harga Rp 3.300.000.