Brilio.net - Sepeda bisa jadi andalan moda transportasi siapa saja. Terlepas dari usia, mau anak kecil hingga orangtua. Semua orang bebas berkeliling dengan sepeda. Faktanya sepeda ini tak hanya untuk sekadar sebagai moda transportasi. Sepeda punya manfaat lebih untuk kesehatan.

Sepeda bisa jadi alat olahraga simpel dan sederhana. Sepeda punya kelebihan dan fungsi untuk menjaga tubuh tetap sehat. Bersepeda adalah latihan aerobik yang menawarkan banyak manfaat.

Intensitas bersepeda juga bervariasi, sehingga cocok untuk semua level. Kamu dapat bersepeda sebagai moda transportasi, untuk aktivitas santai, hingga sebagai upaya kompetitif yang intens seperti perlombaan.

Adapun manfaat kesehatan dari bersepeda ialah menjaga berat badan, kaki lebih kuat, untuk latihan otot inti, meningkatkan kesehatan mental, dapat membantu penderita kanker, menjaga metabolisme tetap baik.

Aktivitas bersepeda juga bisa mencegah penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi, meningkatkan keseimbangan, menjaga postur tubuh, koordinasi tubuh, menjaga persendian, meningkatkan kemampuan seks, mengatasi insomnia, menjaga kesehatan paru-paru, meningkatkan kekuatan otak, dan masih banyak lagi lainnya.

Loading...

Sepeda ada berbagai macam jenis peruntukannya. Jadi wajib memilih sepeda sesuai dengan kebutuhan dan lokasi. Supaya kamu lebih nyaman dan tidak terjadi hal-hal buruk nantinya, pastikan sepedamu sudah sesuai dengan trek.

Karena sepeda kian bervariasi dan kualitasnya, kamu juga perlu menyesuaikan dengan bujet. Pahami jenis-jenis sepeda yang perlu kamu tahu. Ada City Bike, sepeda lipat, Fixie Bike, Touring Bike dan Commuter Bike, sepeda gunung (MTB), sepeda balap, sepeda tandem, dan BMX.

Mau jenis apa pun sepeda yang kamu pakai, kamu perlu melengkapinya dengan aksesori pengaman berkendara. Seperti tas sepeda, gembok sepeda, bel sepeda, Lampu sepeda, pelindung siku dan lutut, kacamata, sarung tangan, helm sepeda.

Seperti halnya sepeda gunung atau yang sering disebut MTB. Sepeda jenis ini sering dipakai dan nggak kalah hits dibanding sepeda lain. Terutama di kalangan masyarakat Indonesia. Sepeda ini bisa dipakai untuk menyusuri berbagai lahan dan lokasi. Dari yang datar, menanjak, berlumpur, berlubang, menurun, terjal, dan lahan jenis lainnya.

Saat naik sepeda gunung, kamu nggak perlu khawatir merasa tidak nyaman. Sebab sepeda ini sudah dilengkapi dengan suspensi yang empuk. Salah spesifikasi menonjol dari sepeda jenis gunung ialah ukuran tapak bannya. Tapak ban berukuran cukup besar dan dilengkapi ulir ban bergerigi, bak motor trail.

Tapak ban ini berfungsi supaya sepeda tetap seimbang. Apalagi ketika berada di jalan yang terjal, saat membutuhkan daya cengkeram kuat. Ketika di jalan licin dan berlumpur misalnya.

Sepeda gunung di Tanah Air tersedia dalam berbagai merek. Salah satu merek yang cukup terkenal mutunya ialah Polygon. Sepeda Polygon sendiri punya banyak tipe. Salah satu tipe sepeda gunung Polygon dengan spesifikasi lengkap, nyaman dipakai, dan keren yaitu Polygon monarch 2.0.

sepeda Polygon monarch 2.0 rodalink

foto: rodalink.com

Kamu bisa mendapatkan sepeda gunung Polygon Monarch 2.0 dengan kisaran harga menurut sejumlah ecommerce, Rp 1,7 juta hingga Rp 2 juta.

Berikut brilio.net rangkumkan spesifikasi sepeda Polygon monarch 2.0 langsung dari laman resmi Polygon, melalui rodalink.com pada Jumat (12/6).

1. What's in the box : 1 x Polygon Sepeda Gunung Monarch 

2. Brand : Polygon

3. Frame : Ferotech Frame

4. Fork : Suspens Fork

5. Head Set : Caged Bearing Headset

6. Stem : Fov Handle Stem

7. Handlebar : Width 680MM, Rise 40MM, Bar Bore 31.8MM (FOV)

8. Rear Derailleur : Shimano RD-TZ31

9. Front Derailleur : Shimano FD-TZ30

10. Shifter : Shimano ST-EF41

11. Bottom Bracket : BB SET CH-63-2

12. Crank Set : 24/34/42T 170MM Crankset

13. Cassette : Shimano MF-TZ21-7 7 SP 14-28T

14. Chain : KMC HV-500

15. Pedal : Standart Pedal

16. Brake : Power VBR-131S(110)

17. Tire : Deli SA-609 26X2.00 (54-559)

18. Saddle : Polygon Saddle

19. Seat Post : 28.6X300MM Seatpost

20. Bike Stand : Not Included

21. Wheel Size : 26"

22. Weight : 17.6 kg

Sepeda gunung (MTB) Polygon Monarch 2.0 rilis pertama kali pada 2015 silam. Di pasaran, awal mulanya Polygon menciptakan dalam dua versi. Yakni Polygon Monarch 2.0 Lady, khusus untuk wanita. Kemudian satu lagi Polygon Monarch 2.0 Gent, biasa dipakai untuk pria.

Masing-masing jenis ini memiliki kenyamanan yang bagus. Jadi untuk pria dan wanita bisa nyaman saat mengendarainya. Kelebihan lain yang jadi unggulan, Polygon Monarch 2.0 ini punya tipe frame terbuat dari baja Hi-Ten Steel. Yang dijamin anti karat dan sudah berstandar kualitas sepeda gunung.

Kendati berjenis MTB atau sepeda gunung, Polygon Monarch 2.0 juga sangat nyaman jika dipakai gowes di jalanan biasa. Di perkotaan atau trek aspal halus misalnya. Dengan rem super cakram mekanik dan suspense standar gunung, cukup dengan harga tak lebih dari Rp 2 juta, kamu sudah bisa kece seharian.