Brilio.net - Seiring perkembangan zaman, sepeda tidak sekadar alat transportasi, melainkan sarana olahraga hingga travelling.

Sepeda sendiri terdiri dari bermacam-macam jenis. Hal yang membedakannya ialah trek atau jalur yang dilalui. City bike (sepeda yang ada keranjangnya dan jok untuk membonceng orang lain), sepeda lipat (praktis dan bisa dilipat), fixie bike, touring bike dan commuter bike, sepeda gunung (MTB), sepeda balap, sepeda tandem (dua pasang pedal dan kursi utama), BMX (biasa dipakai untuk atraksi).

Berbicara mengenai sepeda, sebenarnya kamu bisa menggunakan sepeda apa saja untuk keperluan apapun. Jadi tidak menutup kemungkinan kamu bisa menggunakan sepeda gunung untuk di jalan raya, misalnya.

Akan tetapi kembali lagi pada kepentingan trek. Lebih bagus dan tepat jika disesuaikan dengan jalur dan keperluan yang ada.

Secara tidak langsung, pemilihan sepeda ini supaya kamu tetap bisa menjaga keselamatan saat berkendara. Begitu pula ketika kamu ingin naik gunung.

Loading...

Lintasan gunung yang penuh tantangan, belokan, tanjakan, turunan, bisa membuatmu cedera apabila kamu kurang berhati-hati. Nah demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan, kamu perlu melengkapi diri. Ada beberapa aksesori bersepeda yang sebaiknya dikenakan, di antaranya sarung tangan, pelindung lutut dan siku, helm, bel sepeda, lampu untuk penerangan, tas sepeda, gembok, dan jaket atau pakaian yang sesuai.

Setelah itu, cari sepeda yang sesuai ukuran badan. Bisa kamu sebut dengan bike fit.

Dikutip dari rodalink, tinggi badan 170 cm cocok menggunakan frame size M/18. Tinggi badan 168 cm pas menggunakan frame size M/18 dengan ukuran ban 27.5".

Sedangkan tinggi badan 185 cm, kamu bisa pakai sepeda dengan size L atau XL. Kalau kamu ingin bersepeda lebih lincah dapat memilih size L. Tapi jika kamu ingin sepeda yang tetap stabil, kamu bisa pilih ukuran XL.

Kemudian pastikan fitur dan komponen sepeda yang pas, seperti bahan frame, suspensi, dan gear. Komponen ini bisa menentukan kinerja dan kualitas dari sepeda.

Saat kamu ingin naik gunung, pilih sepeda jenis MTB yang tangguh untuk menyusuri berbagai kondisi medan. Mulai dari jalan berlubang sampai jalanan yang berlumpur bisa dilalui dengan sepeda ini.

Tak perlu khawatir terkait urusan kenyamanan, karena sudah banyak MTB yang dilengkapi dengan suspensi empuk.

Salah satu ciri yang menonjol dari MTB adalah ukuran dari tapak ban yang cukup besar dan dilengkapi ulir bergerigi seperti pada ban motor trail. Hal itu berfungsi untuk menyeimbangkan sepeda saat berada di jalanan yang butuh daya cengkeram yang lebih kuat, seperti jalan licin berlumpur.

Sepeda Polygon premier 5 termasuk salah satu referensi tepat untuk MTB. Kamu bisa mendapatkan sepeda Polygon premier 5 dengan kisaran harga Rp 4,5 juta.

Berikut ini spesifikasi lengkapnya, brilio.net rangkum dari laman resmi Polygon, polygonbikes.com pada Senin (15/6).

Polygon premier 5 polygonbikes.com

foto: polygonbikes.com

Brand: Polygon

Tahun keluaran: 2018

Frame: Alutech XC Sport 27.5" dan 29"

Fork: Suntour XCM-HLO, 120MM (27.5") / 100MM (29") TRAVEL

Head Set: ZS 44/28.6 | ZS 44/30

Stem: Entity Sport, Alloy E:45MM (27.5") / E:35MM (29"), BB:31.8MM

Handlebar: Entity Sport, Alloy W:760MM R:12MM BB:31.8MM

Rear Derailleur: Shimano RD-M3000 ACERA

Shifter: Shimano Altus SL-M2000

Bottom Bracket: Cartridge BB

Crank Set: Shimano FC-MT100 40/30/22T

Cassette: Shimano CS-HG200-9 9-SPEED 11-36T

Chain: KMC X-9 9-SPEED

Brake: Tektro HD-M275 HYDRAULIC DISC BRAKE

Wheel Set: X15 RIMS W/Alloy Water Resistantce Hubs

Tire: Performance Tire

Saddle: Entity

Seat Post: Entity Sport, 15MM OFFSET, 27.2MMX350MM

Bike Stand: Included

Wheel Size: 27.5"

Weight: 15.4 kg

Color: Black Orange

Polygon premier 5 polygonbikes.com

foto: rodalink.com

Premier 5 dirancang untuk sepeda gunung serbaguna. Selain dipakai naik gunung, sepeda ini juga bisa menunjang rutinitas pengendara sehari-hari. Atau sekadar untuk off road ringan di akhir pekan.

Sepeda Polygon Premier 5 memiliki dua jenis, yakni trax dan deli. Secara kualitas dan fungsi part keduanya tetap sama. Juga sudah disertai dengan value yang telah ditetapkan oleh Polygon.

Sepeda Polygon Premier 5 dirancang dapat melibas segala medan. Menghadirkan frame alloy AL6, ringan dengan daya tahan prima. Geometri modern terpasang pada sepeda akan membuat lebih nyaman.

Wheel Fit Size System, di mana ukuran roda diperhitungkan secara khusus. Demi mengikuti ukuran frame sepeda dan pengguna untuk efisiensi yang optimal.

Polygon premier 5 polygonbikes.com

foto: rodalink.com

Selain itu sepeda ini juga hadir dengan dua pilihan frame, yakni ukuran S, M, L dengan roda 27,5". Sedangkan frame ukuran L dan XL untuk roda berukuran 29".

Seri 'Premier' ini akan membuat kamu lebih nyaman dan antusias bersepeda setiap harinya.