Brilio.net - Cara mendapatkan tubuh yang sehat salah satunya kamu bisa saja menerapkan diet. Selain itu juga bisa dengan mengonsumsi suplemen secara teratur. Tetapi tanpa berolahraga yang cukup, rasanya sulit untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar.

Peran olahraga dalam menjaga kesehatan memanglah sangat besar. Lewat aktivitas olahraga inilah fungsi tubuh menjadi terjaga. Serta sangat baik bagi kesehatan baik jangka pendek maupun jangka panjang untuk mencegah segala penyakit.

Olahraga merupakan kegiatan yang mudah dilakukan dan menyenangkan namun untuk melakukannya memang butuh sedikit usaha yakni meluangkan waktu. Salah satu olahraga digemari oleh semua kalangan dan berbagai usia yakni bersepeda. Sama seperti olahraga lainnya, bersepeda tentu memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Selain bisa membakar kalori, melatih otot-otot dan sendi, bersepeda juga bisa bikin pikiran jadi fresh dengan melihat pemandangan sekitar. Sebab jenis olahraga ini bisa menjadi sarana rekreasi yang dapat membuat perasaan lebih santai menyegarkan pikiran.

Nah tentunya untuk menghindari hal-hal yang tidak tidak diinginkan seperti kecelakaan, seseorang perlu melengkapi diri saat bersepeda. Ada beberapa perlengkapan yang sebaiknya dikenakan berkaitan dengan keselamatan saat berkendara. Tujuannya agar kamu nyaman bersepeda dan menghindari sebuah luka akibat kurangnya keamanan dari sepeda kamu.

Loading...

Salah satunya yakni dengan menggunakan helm. Fungsi helm yaitu sebagai perangkat keselamatan yang menjaga kepala kita dari benturan sehingga kita tetap aman dalam bersepeda. Selain itu, kacamata menjadi salah satu aksesori yang penting untuk dipakai. Bukan hanya untuk gaya-gayaan, namun kacamata berfungsi melindungi mata dari debu, percikan air hingga silaunya terik matahari atau lampu.

Biasanya salah satu jenis sepeda yang digemari pecinta gowes yakni sepeda gunung, alias Mountain bike (MTB). Walaupun sepeda gunung bisa dipakai di mana saja, termasuk jalan raya dan jalan aspal (on-road), jenis sepeda ini diperuntukkan untuk bersepeda di jalur pegunungan. Ya sepeda gunung dimaksimalkan untuk performa jalan offroad. Jalan tanah, jalan batu, dengan tanjakan dan turunan, alam bebas adalah habitat asli untuk sepeda gunung.

Sebelum melihat jenis sepeda gunung berdasarkan keunggulan pada area tertentu, sepeda gunung memiliki beberapa model atau varian/turunan yang juga kadang dijadikan sebagai pembeda sepeda gunung yang satu dengan yang lainnya.

Secara penampakan kita bisa langsung tahu sepeda gunung, dari bentuk stang/handlebars yang relatif datar, ban yang lebar, suspensi sepeda, multi speed, dan ground clereance yang tinggi. Sepeda gunung di Indonesia sendiri tersedia dalam berbagai merk. Salah satunya produsen sepeda nasional yang memiliki kualitas bagus yakni merk United dengan seri Clovis 6.

sepeda United Clovis 6 © 2020 brilio.net  Instagram/@yerikhobike

foto: Instagram/@yerikhobike

Untuk mendapatkan sepeda seri United Clovis 6 memang harus merogoh kocek cukup mahal. Dikutip dari sejumlah e-commerce, harga sepeda United Clovis 6 berkisar Rp 6,8 juta hingga Rp 7,5 juta.

Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, spesifikasi sepeda United Clovis 6, mantap dan keren, pada Jumat (12/6).

Spesifikasi sepeda United Clovis 6.

1. Berat : 13.9 kg

2. Rangka : HARDTAIL Alloy Boost TA Frame 12 x 148mm

3. Fork travel : 120

4. Fork : SUNTOUR XCR 32 Boost TA Travel 120 mm

5. Handlebars : NAUTILUS Flat 720 mm

6. Stem : NAUTILUS Alloy Bar Bore 31.8 mm

7. Sistem Rem : SHIMANO Hydraulic Disc Brake

8. Shifter : SHIMANO DEORE SLM6000 R RAPID FIRE PLUS 10 SPEED

9. Crank Set : ALLOY 34T Narrow Wide Chainwheel

10. Rear Derailleur : SHIMANO DEORE RD M6000 GS 10 SPEED

11. Cassette : 11 – 42T, SHIMANO Deore M6000 RD 1×10

12. Speed : 10

13. Saddle : UNITED Saddle

14. Roda / Rim : NAUTILUS w/ SHIMANO Hub, Sleeved Joint

15. Ban : MAXXIS Ardent 27.5" x 2.25"

16. Ukuran Rangka: 15", 17"

17. Drivetrain : Single Chainring

18. Tahun : 2019

Pada tahun 2019 produsen sepeda nasional ini telah mengeluarkan seri MTB yang diberi nama Clovis seri 5 hingga 6 memakai kerangka yang dibekali dengan teknologi boost. Selain dari segi harga, perbedaan yang paling terlihat pada Clovis 5 menggunakan double chainring sedangkan Clovis 6 menggunakan single chainring.

United Clovis 6 menggunakan hydroformed alloy tapered, yang harusnya menghasilkan frame dengan kekuatan material yang merata, ringan, dan tentu saja bentuk lebih unik dari tube biasa. Kalau dilihat frame United Clovis 6 terlihat mulus pada sambungan-sambungan tubenya, dan berat totalnya hampir 14 kg, meski bukan yang paling ringan tetapi masih oke.

Untuk ukuran sepeda hanya tersedia untuk ukuran frame 15″ (Small) dan 17″ (Medium). Untuk ukuran roda, memakai ban 27.5″, belum ada pilihan untuk 29″. Untuk pesepeda yang berukuran tubuh lebih besar dari 175 cm, pilihan yang paling besar adalah 17″. Hal ini akan menjadi pilihan yang sulit, karena akan membuat kaki dan tangan terasa sempit. Hal yang bisa dilakukan untuk membantu adalah menarik dudukan lebih jauh lagi untuk mendapatkan posisi yang ideal.

Kesimpulannya secara performa, sepeda United Clovis 6 merupakan sepeda single chainring yang memang difokuskan untuk XC dan trail. Kontrol yang stabil dan sistem penggerak sepeda memudahkan kita untuk bereaksi cepat terhadap perubahan-perubahan kontur jalan. Seperti yang bisa kita temui pada jalan tanah, berbatu, dan becek/lumpur.