Brilio.net - Apakah kamu salah satu pecinta sepeda? Ya kini sepeda begitu populer dan menjadi salah satu alat transportasi sederhana yang banyak digunakan oleh masyarakat. Kini saking tingginya pemilik hobi bersepeda membuat banyak produsen menghasilkan sepeda dengan desain, kualitas dan spesifikasi yang keren.

Dilansir dari Bicycle Retailer bahwa Majalah Time mencatat, pada tahun 1965-1975 diketahui merupakan gelombang popularitas sepeda terbesar dalam 154 tahun sejarahnya. Kemudian pada tahun 1990-an sepeda gunung mulai booming, diikuti pada tahun 2000-an road bike alias sepeda jalan pun populer. Dan pada 2020 ini sepeda kembali eksis sebagai salah satu olahraga yang diminati masyarakat.

Dari sekian banyak jenis sepeda, BMX atau Bicycle Motorcross merupakan salah satu yang paling banyak diminati. Ya sepeda ini telah mengalami perkembangan yang begitu pesat. Nggak hanya kalangan freestyler saja, namun juga dari kalangan biasa, antusias terhadap sepeda ini. Dengan ukuran yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil, sepeda BMX bisa digunakan untuk hampir semua kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, sampai orang dewasa.

Dari segi tampilan BMX memiliki frame yang kuat dengan tekstur mulus. Dengan frame yang kuat dan tidak mudah patah, sepeda BMX sangat cocok digunakan untuk berbagai macam gerakan freestyle. Nah bagi kamu yang menyukai kegiatan ekstrem, kurang lengkap jika belum mencoba beraksi dengan sepeda BMX ini. Tapi jika belum memiliki salah satu koleksi jenis sepeda BMX, kamu bisa nih cek rekomendasi sepeda BMX terbaik untuk pemula ini.

Berikut brilio.net himpun dari berbagai sumber, harga sepeda BMX dan spesifikasinya, keren dan berkualitas, Selasa (16/6).

Loading...

1. Pacific Bike seri Hotshot XT 3.0 Rotor 16".

Harga sepeda BMX © 2020 brilio.net freepik.com

foto: pacific-bike.com

Nah rekomendasi pertama sepeda BMX untuk pemula, yakni Hotshot XT 3.0 Rotor 16". Sepeda ini tepat untuk anak muda yang berencana menjadi rider BMX profesional. Ukuran ban pun lebih kecil, yaitu 16 inci, sepeda ini juga bisa dikendarai oleh anak-anak. Selain itu, rangka, fork, dan peleknya terbuat dari hi-ten steel yang kuat. Kamu bisa menggunakan sepeda ini untuk berbagai medan untuk petualangan yang menyenangkan. Untuk mendapatkan sepeda ini kamu dapat merogoh kocek sekitar Rp 1.250.000.

1. Jenis : Freestyle

2. Material rangka : Hi-ten steel

3. Model : HOTSHOT XT 3.0 ROTOR

4. Frame : Hi-Ten Steel Frame 16″

5. Fork : Hi-Ten Steel Fork 16″ w/Rotor

6. F/R Brakes : V-Brake

7. Pedal : Plastic

8. F/R Hub : Hi-Ten Steel 28 H

9. Rim : 16″ Hi-Ten Steel Rim

10. Spokes : 10 G

11. Tires : Kenda 16″x3.0″

12. Saddle :Pacific saddle

13. Seatpost: Hi-Ten Steel

14. Stem : Pacific Alloy

15. Handlebar :Pacific Hi-Ten Steel W. 520mm

2. Pacific Bike seri Hotshot XM 3.0 Rotor 20".

Harga sepeda BMX © 2020 brilio.net freepik.com

foto: pacific-bike.com

Jika kamu membutuhkan BMX dengan ban yang besar, Hotshot XM 3.0 Rotor 20″ ini jadi pilihan yang tepat untuk mu. Sepeda ini menggunakan ban Kenda dengan ukuran yang besar dan lebar. Ban ini juga didesain agar dapat mencengkeram dengan kuat. Dengan begitu, resiko terpeleset saat melintas di jalur yang licin pun lebih kecil. Sepeda keren ini dibanderol kisaran harga Rp 1,4 juta.

1. Jenis : Freestyle

2. Crankset : Steel 28 T

3. Color : Black-Matte / Black-Gloss

4. Frame : Hi Ten Steel 20″

5. Fork : Hi Ten Steel 20″

6. F/R Brakes : V-Brake

7. Freewheel : 16 T

8. Pedal : Plastic

9. Rim : Hi Ten Steel Single Wall 20″

10. Chain : C1

11. Rear Hub : 36 H

12. Front Hub : 36 H

13. Spokes : 10G

14. Tires : Kenda 20″x3.0″

15. Stem : Pacific Alloy

16. Saddle : Pacific Saddle

17. Seatpost : Hi Ten Steel 28.6×250 mm

18. Handlebar : Hi Ten Steel W: 720 mm

3. Genio Fury Rotor.

Harga sepeda BMX © 2020 brilio.net freepik.com

foto: Instagram/@geniobike.official

Kalau kamu mencari sepeda dengan rangka kuat dan tahan banting, sepeda Genio Fury Rotor ini bisa cocok untuk dipilih. Baik fork (garpu depan) dan rangkanya dibuat menggunakan material baja yang dikenal kuat. Tidak hanya itu, sepeda ini memiliki sistem pengereman yang lebih sederhana dibandingkan yang lainnya. Dengan begitu, biaya perawatannya pun lebih akan hemat.

1. Jenis :Freestyle

2. Material rangka : Steel

3. Ban : Heiye tire 20" x 2,4"

4. Gyro : Ada

4. Polygon Rudge 3.

Harga sepeda BMX © 2020 brilio.net freepik.com

foto: polygonbikes.com

Nah jika menginginkan sepeda dengan warna yang stylish, kamu dapat menjadikan Polygon Rudge 3 sebagai pilihan yang tepat. Rangka sepedanya dicat dengan warna doff sehingga lebih awet dan tahan lama. Tidak hanya itu, rangkanya juga tidak meninggalkan bekas sidik jari meskipun sering dipegang. kamu bisa bebas berekspresi dan melakukan beragam atraksi. Untuk segi harga, website resmi Polygon memberikan banderol harga untuk BMX Polygon Rudge 3 sebesar Rp 2,1 juta.

1. Jenis: Freestyle

2. Material rangka : Hi-ten steel

3. Berat : 12,53 kg

4. Ukuran rangka: Top tube: 525 mm, seat tube: 209 mm

5. Ban : 20"

6. Gyro :Ada

5. Polygon Razor Elite.

Harga sepeda BMX © 2020 brilio.net freepik.com

foto: polygonbikes.com

Razor Elite merupakan sepeda BMX yang dirancang dengan mempunyai akselerasi dan kecepatan tinggi. Sepeda ini cocok untuk kamu yang menyukai kompetisi balapan BMX. Rangkanya terbuat dari alloy AL6 yang sangat ringan dan responsif dengan fork yang didesain menggunakan carbon BOX.

Ada dua jenis ukuran untuk sepeda ini, yakni Pro dan Pro XL. Kamu dapat menyesuaikan dengan tinggi badanmu dan memilih ukuran yang tepat. Selain itu, sepeda ini bisa digunakan baik dalam kompetisi lokal maupun acara berstandar UCI (Union Cycliste Internationale). Dari website resminya sepeda ini dibanderol Rp 7.350.000.

1. Jenis : Race

2. Material rangka : Alloy AL6

3. Berat : 9,13 Kg

4. Ukuran rangka : Top tube: 562 mm, seat tube: 205 mm

5. Ban : 20"

6. Fork : carbon BOX

Tips khusus sebelum membeli sepeda BMX.

Pastikan kamu memilih rangka yang kuat dan tahan banting namun sehingga menopang kokoh beban pengendara. Sebab hal ini cukup penting ketika kamu memang ingin menekuni olahraga sepeda dengan gerakan ekstrem ini. Selai rangka yang kuat, bahan untuk membuat frame juga harus diperhatikan. Meskipun ada banyak jenis bahan yang digunakan, namun frame sepeda BMX yang bagus menggunakan choromoly sebagai bahan dasar sepedanya. Biasanya rangka BMX menggunakan frame ganda.

Nah untuk tips yang terakhir jangan lupa untuk mengecek bagian ban yang digunakan sepeda tersebut. Pasalnya ban yang bagus mencengkeram kuat pada permukaan, sehingga mengurangi terjadinya cedera fatal saat melakukan trik BMX.