boikot zara © Instagram

foto: Instagram/@sarahmjj14

Sekelompok wanita ini pun menunjukkan penentangannya. Mereka mendatangi salah satu mal besar di Jakarta dan mendatangi outlet Zara. Aksi pemboikotan itu dilakukan dengan menempel poster-poster dukungan terhadap Palestina dan kecaman kepada Israel. Mereka juga membawa boneka yang dibalut dengan kain putih seperti pocong, menandakan bahwa banyak anak-anak tidak berdosa yang juga menjadi korban.

Menurut pengakuan mereka, butuh waktu untuk mengumpulkan nyali agar bisa melakukan aksi ini. Meski begitu, ketika terlaksana mereka tidak mempedulikan orang sekitar dan hanya mementingkan agar pesan tersampaikan bahwa Palestina harus merdeka.

"Melakukan aksi kecil seperti ini saja kami masih takut bahkan sampai ragu untuk melanjutkan aksi ini. Kami masih banyak berpikir dan takut untuk melakkukan aksi kecil, bagaimana dengan anak kecil di sana yang bahkan berani melawan dan menyuarakan kebenaran dengan lantang meskipun tank di depan wajah mereka," tulisnya pada caption, dikutip brilio.net, Rabu (20/12).

"Kami akan bersama dan kami tidak akan berhenti sampai Palestina merdeka," lanjutnya.

boikot zara © Instagram

foto: Instagram/@sarahmjj14

Aksi ini juga bentuk menjalankan Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) nomor 83 tahun 2023 tentang Hukum Dukungan Perjuangan Palestina. Meski tidak secara lantang melarang, namun salah satu poinnya mengatakan bahwa umat Islam sebisa mungkin menghindari penggunaan produk-produk yang terafiliasi dengan Israel.

Aksi pemboikotan yang mereka lakukan pun mendapat banyak komentar dari netizen. Mereka mendukung penuh aksi ini sebagai bentuk solidaritas kemanusiaan. Apalagi konflik Palestina-Israel hingga hari ini belum menemukan titik terang. Meskipun tidak sedikit dari mereka yang memberikan hujatan.

boikot zara © Instagram

foto: Instagram/@sarahmjj14

Dari video tersebut diposting hingga artikel ini ditulis, akun @sarahmjj14 sudah menghimpun 209.265 penonton. Selain itu terdapat juga 5.512 akun yang memberi like dan 1.031 komentar.

"Teman saya pernah buat boikot-boikot kaya gini, bedanya di waktu itu buat konten yang ke KFC beuh. Dihujat habis-habisan ni saya scroll dari atas nggak ada yang hujat ya. Keren," tulis akun @isqisenyum.

"Respect banget kak! Bener-bener aku jadi ada keberanian buat nggak usah takut bersuara secara langsung ke brand-brand pro Israel. Keren banget kalian udah seberani ini, jadi mau ikutan," komentar akun @rasindewrld

"Satu suara, kalian keren mak! Suarakan terus tanpa peduli yang menggonggong tentang pembantaian saudara-saudara kita di palestina. Boikot, boikot, boikot sampai ambruk tanpa bisa beroperasi lagi kalau perlu. Semoga aksi ini bisa jadi penggerak di kota-kota lain di Indonesia," ujar akun @sakarsariee

"Norak. Terlihat seperti orang yang nggak pernah sekolah," ujar akun @rendi_92. Salah satu orang yang tidak sepakat dengan aksi ini.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Sarah Azzahrah Alamri (@sarahmjj14)