Brilio.net - Sejak awal Maret 2018, Chacha Frederica mengubah penampilannya. Wanita yang terkenal akrab dengan Girl Squad itu memilih untuk berhijab. Ia memiliki segudang cerita mengenai dirinya dah hijab.

Chacha sempat melakukan perjalanan ke Palestina pada 2016 silam. Saat di negara yang rawan konflik itu, Chaca sempat berhadapan dengan tentara Israel. Saat itu ia hendak salat di Masjid Al-Aqsa yang dijaga ketat tentara Israel.

"Aku sempat salat magrib di Masjid Al-Aqsa. Pintu masuknya dijaga sama tiga tentara yang megang automatic machine gun. Aku gemeteran, berusaha nggak bikin eye contact," kata Chacha di acara launching Rejoice Hijab Perfection, Jakarta.

Sesaat setelah imam salat mengucapkan salam, tentara Israel langsung mematikan semua lampu. Suasana masjid pun jadi gelap gulita, sehingga Chacha dan juga para muslim yang sedang salat lainnya merasa tak nyaman.

"Balik ke hotel gelap-gelapan. Mereka sengaja bikin kita tidak nyaman untuk salat. Beda dengan di sini, kita nggak ada alasan buat salat kapanpun tanpa ada rasa takut untuk ke masjid," kata Chacha seperti dikutip dari Kapanlagi, Kamis (16/5).

Selain Palestina, Chacha juga sempat mengalami kejadian yang kurang menyenangkan ketika berkunjung ke Madinah. Ada seorang penjual yang memandangi bagian tubuhnya dengan nakal.

"Bajuku kesingkap sedikit, lengan bawah. Tiba-tiba mertuaku bisik-bisik ngasih kode kalau tanganku kebuka. Aku lihat penjualnya dan dia ngeliatinnya gitu banget. Orang di sana benar-benar nggak biasa lihat tangan sekalipun, itu aurat," ujar Chacha.

Sejak saat itu, Chacha merasakan betapa pentingnya seorang wanita untuk menutup auratnya. Ia merasa jauh lebih aman dengan pakaian tertutup yang kini membalut tubuhnya.