Brilio.net - Debat pertama calon presiden (capres) 2024 digelar pada Selasa (12/12) di kantor KPU RI, Jakarta Pusat. Debat ini dihadiri oleh tiga calon presiden, yakni Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto. Ketiganya didampingi oleh calon wakil presiden (cawapres) saat menghadiri debat.

Debat ini dipandu oleh moderator Valerina Daniel dan Ardianto Wijaya. Dalam debat perdana ini, tema yang dibahas adalah mengenai Pemerintahan, Hukum, HAM, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, dan Peningkatan Layanan. Debat capres ini nantinya akan digelar sebanyak lima kali.

format panggung debat capres town hall © 2023 brilio.net

foto: YouTube/KPU RI

Selain argumentasi antar paslon yang seru, desain panggung dalam debat kali ini juga tak luput dari sorotan. Pasalnya, debat kali ini berbeda dari sebelum-sebelumnya. Panggung ini membentuk konsep town hall dengan bentuk melingkar. Area utama berada di tengah, sementara tribun penonton melingkari panggung utama.

format panggung debat capres town hall © 2023 brilio.net

foto: YouTube/KPU RI

Nggak hanya itu, dalam debat capres pada 2019 format panggung menggunakan mimbar. Sementara pada kali ini, debat capres tidak menggunakan mimbar. Format panggung dibuat terbuka dengan para capres berdiri di tengah-tengah. Kapasitas venue dengan konsep town hall ini kurang lebih 800 orang.