Brilio.net - Dalam memandu sebuah acara pertemuan, seringkali dibutuhkan moderator. Peran moderator sangatlah penting dalam berbagai acara pertemuan, seperti saat rapat, presentasi, diskusi hingga seminar. Bisa dikatakan kesuksesan sebuah acara tersebut tak bisa lepas dari moderator.

Tugas moderator memang mirip dengan MC atau pembawa acara, tetapi keduanya memiliki sedikit perbedaan. Seorang MC bertugas mengendalikan seluruh acara, sedangkan moderator hanya memegang kendali pada sesi tertentu dalam sebuah kegiatan atau acara.

Peran utama seorang moderator adalah mengendalikan sesi presentasi dari narasumber dan sesi tanya jawab atau diskusi. Jika moderator yang ditunjuk kurang cakap dalam memimpin rapat atau diskusi, maka suasana akan terasa canggung dan membosankan.

Maka tak heran banyak orang yang mencari dan mempelajari contoh teks moderator terlebih dahulu sebelum diskusi atau rapat dimulai. Ada banyak contoh teks moderator yang singkat dan lengkap.

Nah, sebagai referensi berikut brilio.net rangkum 9 contoh teks moderator dalam berbagai sesi dihimpun dari berbagai sumber, Selasa (28/12).

1. Contoh teks moderator dalam presentasi.

Contoh teks moderator © berbagai sumber

foto: freepik.com

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yang saya hormati dosen pembimbing mata kuliah Manajemen Kelas,

Yang saya banggakan kepada teman-teman sekalian.

Perkenalkan saya Ardiyan Fikrianoor perwakilan dari kelompok 3 akan memimpin acara diskusi kita pada pagi hari ini. Alhamdulillah pada pagi hari ini kita akan melanjutkan perkuliahan kita yaitu penyampaian makalah dari kelompok 2 oleh saudara Ahmad Sarwani dan Muh. Agus Ari Prasetia yang akan membahas tentang Urgensi Manajemen Kelas.

Susunan acara, pada diskusi kita hari ini di antaranya:

- Pembukaan

- Penyampaian materi

- Sesi tanya jawab

- Masukan/arahan dari dosen pembimbing

- Penutup

Baik teman-teman, langsung saja kita mulai ke sesi yang pertama adalah pembukaan, marilah kita mengucapkan basmalah bersama-sama. Selanjutnya adalah penyampaian dan penyajian materi, saya persilakan untuk Bunga membacakan materi yang pertama.

Terima kasih kelompok dua atas materinya. Itulah penyampaian dari pemateri tentang Urgensi Manajemen Kelas.

Memasuki sesi berikutnya yaitu tanya jawab.

Pada diskusi ini akan dibuka dua sesi untuk bertanya. Tiga penanya setiap sesinya. Kepada teman-teman yang ingin bertanya agar bisa mengacungkan tangan.

Demikian tadi presentasi kelompok dua, mari kita mengucapkan alhamdulillah. Saya sebagai moderator mohon maaf atas kekurangannya dan terima kasih untuk perhatiannya. Wassalamualaikum Wr. Wb.

2. Contoh teks moderator dalam rapat.

Contoh teks moderator © berbagai sumber

foto: freepik.com

Selamat siang,

Yth. Bapak Azhar selaku Kepala Divisi Pemasaran dan rekan sekalian yang berbahagia.

Marilah kita ucapkan puji dan syukur kita kehadirat Tuhan yang Maha Esa. Berkat rahmat dan hidayah-Nya kita dapat berkumpul pada hari ini untuk melakukan rapat evaluasi bulanan. Saya Andi selaku moderator dan rekan saya Bunga yang akan menjadi notulen pada hari ini.

Adapun rangkaian kegiatan yang akan kita lakukan pada hari ini adalah:

- Pembukaan

- Penyajian materi

- Sesi tanya jawab

- Penutup

Berhubung sesi pembukaan telah dilaksanakan maka sesi selanjutnya adalah pemaparan materi. Bagi pemateri saya persilahkan untuk memaparkan kepada peserta diskusi. Kepada penyampai materi, tempat dan waktunya saya persilahkan.

Sesi Tanya Jawab Rapat pada Contoh Teks Moderator

Terimakasih saya kepada pemateri karena telah memberikan pemaparan yang jelas bagi kami.

Selanjutnya kita akan memasuki sesi tanya jawab. Sebelum memulai sesi tanya jawab, saya akan membacakan beberapa ketentuan yang harus Anda perhatikan. Adapun beberapa ketentuan tersebut adalah:

1. Kesempatan untuk melakukan kegiatan tanya jawab akan disediakan sebanyak 2 kali. Dengan jumlah pertanyaan pada masing-masing kesempatan adalah 3 pertanyaan dan juga 2 kali sanggahan.

2. Sesi tanya jawab akan kami batasi sekitar 5 menit.

3. Pada saat sesi tanya jawab sedang berlangsung, diharapkan para peserta diskusi untuk selalu tertib dan tenang.

Berdasarkan hasil diskusi pada hari ini, didapatkan beberapa kesimpulan. Adapun beberapa kesimpulan tersebut adalah:

a. Kenaikan gaji pegawai sebesar 3% akan diberlakukan mulai bulan depan

b. Pegawai akan mendapatkan ekstra 10% dari gajinya sebagai bonus pada saat Lebaran

Demikianlah poin kesimpulan yang sudah kita sepakati tadi, saya harap semua peserta diskusi dapat memakluminya.

Demikianlah diskusi kita pada hari ini mengenai rencana kenaikan gaji karyawan pada PT. Maju Jaya. Saya selaku moderator mohon maaf jika ada kesalahan baik yang disengaja ataupun yang tidak disengaja. Saya ucapkan terimakasih atas perhatian pada audiens.

3. Contoh teks moderator dalam pemaparan materi di kelas.

Contoh teks moderator © berbagai sumber

foto: freepik.com

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Yang saya hormati Bapak/Ibu selaku dosen pembimbing mata kuliah Manajemen Kelas,

Dan yang saya banggakan teman-teman seperjuangan, satu kelas.

Puji syukur marilah kita panjatkan kepada Allah SWT, dan sholawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada Nabi Besar Muhammad SAW.

Adapun topik yang akan kita diskusikan pada diskusi kali ini yaitu tentang Manajemen Krisis. Saya Ardiyan Fikrianoor selaku moderator akan membimbing jalannya diskusi ini.

Sebelumnya saya akan memperkenalkan anggota kelompok tiga, yang dimana anggota kelompok bernama M. Rafi'i Hadi dan Ahmad Syahyuni

Rangkaian acara yang akan kita lewati, pada diskusi ini antara lain:

- Pembukaan

- Penyajian materi

- Sesi tanya jawab

- Penutup

- Masukan dari dosen pembimbing

Acara yang pertama yaitu pembukaan, marilah kita bersama-sama mengucapkan basmalah. Kita masuki acara selanjutnya yaitu penyajian materi, saya memberi kesempatan kepada penyaji untuk menyampaikan hasil diskusinya.

Selanjutnya sesi tanya jawab dengan 2 penanya dari laki-laki dan 2 penanya dari perempuan:

Dipersilakan kepada teman-teman yang ingin bertanya, untuk mengirimkan pertanyaannya dengan menyertakan nama dan kelompok masing-masing.

Dengan terjawabnya pertanyaan tadi, maka berakhirlah diskusi kita pada hari ini. Saya selaku moderator mohon maaf apabila ada kesalahan kata dan sikap. Akhir kata, Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

4. Contoh teks moderator memperkenalkan narasumber.

Contoh teks moderator © berbagai sumber

foto: freepik.com

Baiklah, hadirin sekalian, kini saatnya kita mendengarkan paparan dari pembicara pertama, yaitu Bapak Wildan Syukri. Beliau adalah seorang sastrawan yang sudah banyak menghasilkan karya puisi, khususnya yang bertema nasionalisme.

Bapak Wildan yang lahir di Bandung 50 tahun yang lalu ini pernah dipercaya menjadi Ketua Dewan Kesenian pada tahun 1994–1998. Aktivitas kesenian beliau saat ini adalah sebagai penggiat sastra di Bengkel Puisi 'Nurani', Bandung.

Karya-karya beliau telah banyak mendapatkan apresiasi dan dipublikasikan di berbagai media massa, baik lokal maupun nasional. Selain itu, beliau juga telah menulis dua buah buku kumpulan puisi, yaitu Menjaring Matahari dan Indonesia, Cintaku.

Pada kesempatan kali ini, beliau akan menyampaikan makalah dengan judul Peran Penting Puisi sebagai Karya Sastra untuk Menumbuhkan Nasionalisme pada Generasi Milenial. Baiklah, langsung saja kita simak paparan beliau. Kepada Bapak Wildan Syukri, kami persilakan.

5. Contoh teks moderator dalam diskusi.

Contoh teks moderator © berbagai sumber

foto: freepik.com

Assalamualaikum Wr.Wb.

Selamat pagi bapak guru dan teman-teman lainnya yang berbahagia. Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur marilah kita panjatkan kepada Allah Swt. karena telah memberikan rahmat kesehatan dan keselamatan, sehingga kita dapat berkumpul di ruang kelas ini.

Adapun topik yang akan kami bahas adalah makna Pancasila. Perkenalkan nama saya Annis yang akan bertugas sebagai moderator pada hari ini. Saya akan membimbing jalannya diskusi ini. Adapun anggota kelompok saya adalah Indah, Putri,dan Mawar, sedangkan rangkaian acara yang akan kita lewati, adalah sesi:

- Pembukaan

- Penyampaian dan penyajian materi

- Tanya jawab

- Penutup

Baik teman-teman, langsung saja kita mulai ke sesi yang pertama adalah pembukaan, marilah kita mengucapkan basmalah bersama-sama. Selanjutnya adalah penyampaian dan penyajian materi, saya persilakan untuk Indah membacakan materi yang pertama.

Demikian tadi presentasi kelompok kami, mari kita mengucapkan alhamdulillah. Saya sebagai moderator mohon maaf atas kekurangannya dan terima kasih untuk perhatiannya. Wassalamualaikum Wr. Wb.

6. Contoh teks moderator Islami dalam diskusi.

Contoh teks moderator © berbagai sumber

foto: freepik.com

Assalaamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Bapak dan ibu guru yang saya hormati serta teman-teman tercinta, marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah Swt. atas nikmat iman dan Islam serta kesehatan sehingga kita bisa berkumpul di sini. Tak lupa, kita sampaikan selawat dan salam kepada junjungan kita yang mulia, Nabi Muhammad SAW.

Pada pagi ini, Rabu, tanggal 23 Februari 2018, kita akan bersama-sama melaksanakan kegiatan diskusi yang mengangkat tema Sumbangsih Ilmuwan Muslim pada Peradaban Dunia.

Sebagaimana telah disampaikan oleh pembawa acara, narasumber kita kali ini adalah Bapak Drs. Ilham Setiadi, M.Sc. yang akan segera kita simak pemaparannya. Setelah nanti Bapak Ilham menyampaikan materinya, saya akan memberikan kesempatan kepada teman-teman untuk bertanya.

Untuk mengefektifkan waktu, kepada Bapak Drs. Ilham Setiadi, M.Sc. saya persilakan.

Baiklah, demikian tadi materi dari narasumber kita hari ini dan sekarang kita memasuki sesi tanya-jawab. Adapun peraturan untuk sesi ini adalah penanya terlebih dahulu memperkenalkan diri dan setiap penanya hanya boleh memberikan satu pertanyaan.

Alhamdulillahirabbil alamin, sesi tanya-jawab sudah selesai. Dari hasil diskusi tadi, saya simpulkan bahwa....

Sekian diskusi kita hari ini, terima kasih saya ucapkan kepada narasumber dan seluruh peserta atas partisipasinya sehingga acara ini bisa berjalan dengan sukses. Saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dan acara saya kembalikan kepada pembawa acara.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

7. Contoh teks moderator dalam diseminasi.

Contoh teks moderator © berbagai sumber

foto: freepik.com

Terima kasih MC atas kesempatan yang diberikan.

Assalaamualaikkum Wr. Wb.

Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua.

Bagaimana kabar Bapak/Ibu?

Baik? Alhamdulillah, senang sekali!

Perkenalkan, saya Susana Devi Anggasari yang akan memandu acara diseminiasi pada kesempatan pagi hari ini.

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih dan selamat datang kepada Drs. Sutedjo, M.Si selaku pengawas SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Kendal sekaligus penyelaras diseminasi ini bersama Supardi, S.Pd., M.Pd.

Selamat datang juga kepada Bapak/Ibu Kepala Sekolah peserta UKKS dan Bapak/Ibu Kepala Sekolah Wilayah Singorojo, Boja, dan Limbangan.

Selamat datang pula rekan-rekan guru SMP Negeri 1 Singorojo, wabil Khusus, Ibu Kepala SMP Negeri 1 Singorojo yang akan menjadi pemateri dalam diseminasi kali ini.

Bapak Ibu hadirin yang saya hormati,

Pandemi Covid-19 telah mengubah banyak hal dalam sekejap. Pandemi ini merusak berbagai tatanan masyarakat yang sudah ada. Semua dipaksa untuk dapat beradaptasi dengan tingkat ketidakpastian yang sangat tinggi. Termasuk sekolah sebagai instansi penyelenggara pendidikan.

Peran Kepala Sekolah sebagai penggerak komando menjadi sangat krusial. Adapun yang paling penting bagi kepala sekolah adalah cita-cita tinggi dengan menyadari bahwa banyak yang harus dilakukan bersama guru-guru dalam menentukan suatu perubahan yang akan menyenangkan. Manajemen yang tepat adalah kunci utama meraih hal tersebut.

Yang menjadi pertanyaannya adalah Bagaimana Upaya Kepala Sekolah me-manage SDM yang ada selama masa pandemi ini?

Pada kesempatan kali ini itu semua akan dibahas oleh narasumber kita, Ibu Esti Setyorini melalui pemaparan Best Practice-nya berjudul "Implementasi Manajemen SDM dengan Teknik QA (Quality Assurance) sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Menghadapi Masa Pandemi di SMP Negeri 1 Singorojo".

Baik, Narasumber sudah hadir bersama kita semua. Nanti akan ada tiga sesi. Di sesi pertama, narasumber memaparkan materinya selama kurang lebih 20 menit, selama pembicara menyampaikan materinya, peserta tidak diperbolehkan melakukan interupsi. Setelah narasumber menyampaikan materinya, akan ada sesi diskusi dan tanya jawab dengan para peserta, kemudian sebagai sesi pamungkas ada tanggapan dari penyelaras.

Selanjutnya, kami persilakan kepada Ibu Esti Setyorini untuk menyampaikan materinya.

....

Terima kasih Ibu Esti atas paparan yang begitu menarik.

Bapak Ibu yang kami hormati, kini, tiba saatnya kita masuk pada sesi diskusi.

Sesi ini akan dibagi menjadi dua termin, setiap termin akan diberikan kesempatan bertanya untuk tiga orang.

Bagi peserta yang ingin bertanya silakan tunjuk tangan dan peserta yang terpilih berhak bertanya.

Sebelum bertanya, dengan tolong sebutkan identitas terlebih dahulu. Pertanyaan diajukan secara singkat, padat, dan jelas. Baik, langsung saja kita mulai sesi diskusi ini, saya persilakan kepada para hadirin untuk bertanya.

....

Baik, Bapak Ibu. Diskusi ini sangat menarik. Namun, sayangnya kita dibatasi oleh waktu. Mungkin nanti di luar acara, kita bisa melanjutkan diskusi.

Acara selanjutnya yakni pemberian tanggapan atas praktik baik yang telah dilakukan oleh Ibu Esti oleh penyelaras. Pada kesempatan kali ini ada dua penyelaras yang hadir bersama kita, yaitu Drs. Sutedjo, M.Si dan Supardi, S.Pd., M.Pd. Kepada beliau berdua, kami persilakan secara bergantian memberikan tanggapan.

Terima kasih kepada Bapak Tedjo dan Bapak Pardi.

Bapak Ibu yang berbahagia alhamdulilah rangkaian acara diseminasi Best Practice pada siang hari ini sudah terlaksana dengan baik. Kita sudah mendapat pengalaman berharga dari praktik baik yang telah dilakukan Ibu Esti Setyorini selaku kepala sekolah.

Mudah-mudahan materi yang sudah disampaikan bermanfaat dan membuat kita semua tergerak untuk mengikuti praktik baik yang telah dilakukan.

Dan akhirnya, saya Susana Devi pamit undur diri. Terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu sekalian. Acara saya serahkan pada pembawa acara.

Wassalaamualaikum Wr. Wb.

8. Contoh teks moderator dalam workshop.

Contoh teks moderator © berbagai sumber

foto: freepik.com

Terima kasih kepada pembawa acara yang telah memberikan waktu kepada saya.

Saya di sini sebagai moderator, akan memandu jalannya sesi kali ini. Yang pertama, akan saya bacakan CV pembicara pertama, yaitu Ibu Wiwi Kustio P, A. Kep., SPd. MPH.

(Membacakan CV)

Baiklah, kita memasuki materi yang pertama dengan judul "Implementasi Kode Etik Jurnalistik" yang akan disampaikan oleh Ibu Wiwi Kustio, P, A. Kep., SPd. MPH. Kepada yang terhormat Ibu Wiwi Kustio, P, A. Kep., SPd. MPH kami persilahkan.

(Penyampaian materi 1 jam)

Terima kasih kepada Ibu Wiwi Kustio, P, A. Kep., SPd. MPH yang telah menyampaikan materi. Selanjutnya, saya memberi 3 sampai 4 peserta untuk bertanya. Kepada para peserta, apakah ada yang ingin bertanya?

Kita berikan tepuk tangan kepada Ibu Wiwi Kustio, P, A. Kep., SPd. MPH dipersilakan duduk kembali

Baiklah, kita memasuki materi yang kedua dengan judul "Peran Public Speaking dalam Meraih Sukses Karier" yang akan disampaikan oleh Bapak Bambang Susetyo Hastono, SIP., M.M. Namun sebelumnya, akan saya bacakan CV dari beliau.

(Membacakan CV)

Kepada yang terhormat Bapak Bambang Susetyo Hastono, SIP., M.M kami persilakan.

(Penyampaian materi 1 jam)

Terima kasih kepada Bapak Bambang Susetyo Hastono, SIP., M.M yang telah menyampaikan materi. Kepada para peserta, apakah ada yang ingin bertanya? Sama seperti sebelumnya, saya beri kesempatan bertanya untuk 3-4 peserta.

Dengan demikian dapat disimpulkan, ...

Sekali lagi, kita berikan tepuk tangan kepada kedua pembicara yang berada di depan kita.

Karena sesi yang saya jalankan telah selesai, saya selaku moderator, apabila dalam menjalankan tugas terdapat kesalahan kata yang kurang berkenan di hati hadirin sekalian, saya mohon maaf yang setulus-tulusnya. Waktu saya kembalikan kepada pembawa acara. Terima kasih.

9. Contoh teks moderator dalam seminar.

Contoh teks moderator © berbagai sumber

foto: freepik.com

Terima kasih kepada MC.

Baiklah, hadirin peserta seminar sekalian, langsung saja kita masuki acara selanjutnya yang merupakan acara inti yang paling kita tunggu, yaitu penyampaian makalah dari pemateri. Setelah pemaparan materi, nanti akan ada sesi tanya-jawab dan diskusi.

Namun, sebelumnya, saya ingin menyapa para dosen dan peserta.

Yang kami hormati Ketua Program Studi Pendidikan Biologi, Ibu Dr. Anita Kusumaningdiah, M.Pd.

Yang kami hormati Ketua Panitia Seminar Pendidikan Biologi, Bapak Kresna Mulyana, S.Pd., M.Si.

Yang kami hormati Bapak Adhi Karnandi, S.Hut., M.Si. selaku Pemateri I

Yang kami hormati Ibu Murni Estiani, M. Pd. Selaku Pemateri II

Yang kami hormati bapak dan ibu dosen yang hadir serta para peserta seminar.

Assalaamualaikum wr. wb.

Hadirin yang kami hormati, sebagaimana telah diumumkan, seminar pada hari ini mengambil tema “Pembelajaran Biologi dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir". Untuk itu, kita membutuhkan informasi untuk menyamakan persepsi, dan itulah yang kita harapkan dari seminar kali ini.

Sebelum kita mulai, izinkan saya menyampaikan sedikit pengantar. Forum ilmiah sangat penting untuk diikuti karena banyak sekali informasi yang akan kita dapatkan. Informasi akan lebih dipahami jika ada diskusi yang efektif sehingga saya harap seluruh hadirin bisa mengikuti diskusi dengan sebaik-baiknya.

Baiklah, selanjutnya saya sampaikan beberapa ketentuan acara inti ini.

Penyampaian materi untuk setiap pembicara kami beri waktu selama 45 menit.

Selama pembicara menyampaikan materinya, peserta tidak diperbolehkan melakukan interupsi.

Sesi tanya-jawab akan dibuka setelah kedua pembicara menyampaikan materinya.

Selanjutnya, kami persilakan kepada pembicara pertama, Bapak Adhi Karnandi, S.Hut., M.Si., untuk menyampaikan materinya.

Terima kasih Bapak Adhi Karnandi atas paparannya yang begitu menarik.

Selanjutnya, marilah kita simak materi dari pembicara kedua, yang terhormat Ibu Murni Estiani, M. Pd. Kami persilakan kepada Ibu Murni Estiani untuk memaparkan makalahnya.

Terima kasih kepada pemateri kedua yang semakin memperkaya wawasan kita semua. Hadirin yang saya hormati, demikianlah pemaparan materi yang telah dibawakan oleh kedua pemateri hari ini.

Materi pertama mengambil judul “Isolasi Bakteri dari Tanah Gambut". Simpulan dari materi tersebut adalah ....

Dari materi kedua yang berjudul “Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing", dapat disimpulkan bahwa .....

Kini, tiba saatnya kita masuk pada sesi tanya-jawab dengan ketentuan sebagai berikut.

Peserta yang ingin bertanya dipersilakan menyebutkan identitasnya terlebih dahulu.

Pertanyaan diajukan secara singkat, padat, dan jelas.

Baik, langsung saja kita mulai sesi diskusi ini, saya persilakan kepada para hadirin untuk bertanya.

Hadirin sekalian, demikianlah acara seminar kali ini yang membahas “Pembelajaran Biologi dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir". Sebelum sesi ini kita akhiri, saya akan mencoba menyimpulkan hasil seminar kali ini, yaitu ....

Para hadirin sekalian, sekali lagi, kami mengucapkan terima kasih kepada para pemateri dan juga seluruh hadirin yang telah berpartisipasi dalam kegiatan seminar kali ini. Akhir kata, saya selaku moderator undur diri. Semoga kita dapat bertemu kembali dalam seminar lainnya. Terima kasih.

Wabillahitaufiq wal hidayah, Wassalaamualaikum Wr. Wb.

(brl/tin)

(brl/tin)