Brilio.net - Kekayaan kuliner di Indonesia memang menjadi daya tarik tersendiri. Bukan hanya bagi wisatawan asing, warga lokal pun banyak yang ingin mengeksplorasinya lebih banyak. Selain makanan, Indonesia juga kaya akan kekayaan minuman segar. Mari kita sebutkan macam olahan es dari berbahan sayuran hingga buah. Es cincau, es campur, es doger, es mambo, es kelapa muda dan masih banyak lagi lainnya. Ternyata, selain sayuran dan buah, ada salah satu bahan makanan yang bisa juga diolah menjadi es. Yaitu roti.

Roti umumnya dimakan saat sarapan, disajikan hangat dengan selai cokelat atau selai nanas. Namun kali ini roti justru menjadi bahan utama dalam komposisi es. Es ini biasa disebut dengan Es Semanggi yang dapat ditemukan di daerah Magelang Jawa Tengah.

Bukan hanya menjadi penyegar tenggorakan pada saat kepanasan, Es Semanggi ini sekaligus menjadi “food identity” bagi masyarakat Magelang. Es ini ada bukan karena viral atau kerap dikunjungi artis atau pejabat, melainkan kekayaan kuliner yang masih dilestarikan keberadaannya hingga sekarang.