Brilio.net - Sesuai dengan julukannya 'Kota Sejuta Bunga', Magelang dikenal dengan keindahannya. Tidak hanya soal alam dan penataan kotanya, namun juga keberagaman agamanya. Salah satu yang menyita perhatian adalah wisata religinya. Terdapat satu masjid yang cukup unik, Masjid Al-Mahdi karena perpaduan arsitektur tempat ibadah agama Konghucu.

Uniknya Masjid Al-Mahdi di Magelang © 2023 brilio.net

Uniknya Masjid Al-Mahdi di Magelang
© 2023 brilio.net/Brilio.net magang/Jessica Tosya

Masjid dengan dominasi warna merah ini berada di kawasan elite Jalan Delima Raya, Komplek Perumahan Armada Estate, Kelurahan Kramat Utara, Kecamatan Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah.

Jika dilihat sekilas, masjid yang dibangun Ustadz Mahdi - seorang mualaf ini tampak seperti Klenteng. Sejarah menyebutkan, masjid ini dibangun pada 1 agustus 2016, kemudian diresmikan oleh Walikota Magelang saat itu pada tanggal 9 april 2017.

Pembangunan masjid ini memang relatif cepat, karena Ustadz Mahdi, selaku pemilik masjid memang mempunyai target untuk bisa meresmikan masjid ini saat bulan Ramadhan.

"Pembangunannya berlangsung sekitar 8 bulan, memang relatif cepat karena memang sudah ditargetkan saat ramadhan sudah bisa dipakai," ungkap Ustadz Mahdi.

Uniknya Masjid Al-Mahdi di Magelang © 2023 brilio.net

Uniknya Masjid Al-Mahdi di Magelang
© 2023 brilio.net/Brilio.net magang/Jessica Tosya

Masjid dengan arsitektur Klenteng ini terlihat memiliki menara setinggi kurang lebih 5 meter dengan empat tingkatan yang memiliki lubang. Pada puncak menara terdapat kubah dengan tulisan lafadz Allah. Persamaan masjid Al-Mahdi dengan Klenteng didukung dengan lampion-lampion yang tergantung pada langit-langit selasar masjid.

Lampion yang tergantung pada selasar masjid memiliki tulisan kaligrafi dengan macam-macam nama baik Allah dan asmaul husna. Meskipun masjid ini terlihat seperti Klenteng, hal tersebut tidak menghilangkan nilai dan makna Islami dari sebuah masjid, karena terdapat beberapa kaligrafi dengan lafadz Allah dan asmaul husna yang menghiasi dinding-dinding masjid.