alah satu tempat jual Es Semanggi yang paling legendaris sejak dulu adalah Depot Es Semanggi. Lokasinya berada di Jl. Semarang - Yogyakarta no. 367, Kramat Selatan, Kec. Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah. Lebih tepatnya depot ini berada di basement Matahari Mall seberang alun-alun Magelang.

Es legendaris khas Magelang ini isinya hanya roti, harganya cuma Rp 5.000 © 2023 brilio.net

foto: Magang Brilio.net/Azahra Amalia Sugiyarto

Yang membedakan Es Semanggi dengan es lainnya adalah banyaknya variannya.Terdapat kurang lebih 19 varian es yang ada di Depot Es Semanggi. Salah satu menu paling populer di Depot Es Semanggi adalah es pleret. Terdiri dari sirup, santan dan pleret. Pleret terbuat dari tepung beras dan air yang dimasak dan dicetak bulat. Ketiga komponen tersebut disusun di dalam gelas lalu dipadukan dengan es batu agar semakin segar. Tentunya Es Semanggi sangat cocok dijadikan penyegar ketika berbuka puasa.

Tidak hanya itu, Depot Es Semanggi juga memiliki menu khusus seperti es susu dan es cokelat. Kedua varian es ini tentunya masih memiliki beragam isian didalamnya. Isian pada es ini ada roti, dawet, pleret, tape atau kelapa muda yang bisa kamu pilih sendiri.

Semua varian Es Semanggi memiliki rasa manis dan segar yang berasal dari sirup. Lalu ditambahkan dengan santan yang memiliki rasa gurih. Semua jenis sirup di Depot Es Semanggi juga dibuat khusus secara homemade (diolah sendiri). Sehingga es ini memiliki cita rasa yang autentik dibanding tempat lain. 

Saat berkunjung ke depot tersebut, kami sempat menanyakan awal mula sejarah berdirinya es legendaris ini. Ternyata, usaha ini sudah turun-temurun. Uniknya, masih lestari sampai saat ini dan ramai pengunjung.

"Dulu waktu mbah kakung saya awal jualan di tahun 60-an, es ini belum ada namanya. Sampai akhirnya ada pak tentara yang dateng beli es disini,” ungkap penjual Es Semanggi saat ditemui brilio.net di Magelang, Senin (10/4)

Es Semanggi ini diketahui ada pada tahun 1960-an. Saat itu Es Semanggi masih dijual menggunakan gerobak dan berlokasi di depan kelenteng alun-alun Magelang. Usaha ini diwariskan secara turun temurun. Saat ini dipegang oleh generasi ketiga.

"Pak tentaranya heran, es enak begini kok nggak ada namanya. Akhirnya dia bilang, ‘tak namai Es Semanggi aja ya karena di Jakarta tempat saya dinas ada daerah namanya Semanggi’, begitu,” jelas penjual es.

Karena ide pemberian nama dari pelanggan yang merupakan seorang tentara, akhirnya Depot Es Semanggi dapat dikenal masyarakat hingga saat ini. Seluruh varian Es Semanggi memiliki rasa yang cocok untuk semua kalangan usia, mulai dari tua, muda hingga anak-anak.

Selain itu Depot Es Semanggi juga memiliki harga yang cukup terjangkau dibandingkan tempat lain. Es disini berkisar mulai dari Rp 5.000 - Rp 10.000-an saja. Menu yang paling populer adalah es pleret dan es roti cokelat. Ketika berbuka kamu dapat menikmati Es Semanggi ditemani dengan gorengan hangat.

"Ini es favorit saya dari kecil. Rasanya manis seger terus yang saya suka disini juga jual gorengan. Makin mantap deh minum es sambil ngemil gorengan,” ungkap Nabila yang merupakan salah satu pengunjung di Depot Es Semanggi.

Depot Es Semanggi juga menjual berbagai camilan seperti gorengan risol, tahu, tempe dan martabak. Lalu ada juga berbagai macam sate seperti sate bakso dan sate usus. Untuk camilan manisnya terdapat tahu bacem dan onde-onde yang juga cocok disantap bersama Es Semanggi.

Untuk kamu yang sedang mencari kesegaran untuk berbuka puasa, Es Semanggi sangat cocok untuk menjadi pilihan. Rasa manis dan gurih ditambah dengan kesegaran es batu dapat menghilangkan dahaga setelah seharian berpuasa, lho. Selamat mencoba.

 

mgg/azahra