Brilio.net - Edukasi atau yang biasa dikenal dengan kata pendidikan, merupakan semua usaha yang direncanakan untuk memberikan pengaruh kepada orang lain baik individu, kelompok, atau masyarakat. Edukasi menjadi istilah penting yang perlu dipahami oleh setiap orang, pasalnya hal ini berkaitan dalam keberlangsungan hidup seseorang.

Edukasi bisa diartikan sebagai pembelajaran terkait dengan pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian. Edukasi juga dapat diberikan dari bimbingan orang lain maupun secara otodidak atau belajar sendiri.

Edukasi merupakan segala keadaan hal, peristiwa, kejadian, atau tentang suatu proses perubahan sikap dan tata perilaku individu atau sekelompok orang dalam usaha untuk mendewasakan pikiran dan diri melalui upaya pelatihan atau pengajaran. Edukasi menjadi salah satu proses pembelajaran dari yang tidak tahu menjadi tahu.

Dengan adanya edukasi tidak hanya bertujuan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan saja, melainkan yang paling penting adalah edukasi tentang moral atau adab manusia. Sebab, seberapapun pandai seseorang, jika tak memiliki adab atau berperilaku buruk maka tidak akan berguna bagi kehidupan dan tidak bisa menjadi contoh yang baik.

Untuk lebih rinci penjelasan mengenai pengertian, tujuan, dan jenis dari edukasi. Berikut ini telah dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (29/8).