Brilio.net - Setiap manusia pasti tidak luput dari dosa dan kesalahan yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, terlepas dari sengaja maupun tidak disengaja. Seperti yang diketahui, jika manusia berbuat dosa atau kesalahan maka ada malaikat yang mencatat amal perbuatan di dunia.

Namun, ketika kamu telah melakukan perbuatan yang kurang baik berimbas pada dosa, segeralah memohon ampun kepada Allah SWT.
Jalan memohon ampunan itu dengan bertaubat dan bersungguh-sungguh tidak akan mengulanginya lagi.

Taubat menurut bahasa berarti kembali. Secara istilah taubat merupakan kembali dan menyerahkan diri atas segala kesalahan dengan penuh penyesalan terhadap dosa-dosa yang dilakukan, kepada Allah SWT yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Meski demikian, taubat cukup sulit jika dilakukan, sebab manusia terkadang lalai atas dosa-dosa yang diperbuat. Dosa-dosa yang dilakukan bisa berupa kesombongan, meninggalkan sholat, tidak mengikuti aturan Allah. Namun, sesungguhnya Allah Maha Pengampun bagi hambaNya yang sungguh-sungguh untuk bertaubat, seperti firman Allah dalam surat An-Nahl ayat 119, berbunyi:

"Kemudian, Sesungguhnya Tuhanmu (mengampuni) bagi orang-orang yang mengerjakan kesalahan karena kebodohannya, Kemudian mereka bertaubat sesudah itu dan memperbaiki (dirinya), Sesungguhnya Tuhanmu sesudah itu benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.".

Sebagai seorang muslim, untuk memohon ampun tersebut, dengan melakukan sholat taubat nasuha. Ketika seseorang yang telah melaksanakan sholat taubat nasuha, maka semestinya tidak berbuat dosa atau maksiat lagi. Sholat ini sebaiknya dilaksanakan sendiri, dilakukan dua rakaat dan satu kali salam.

Untuk mengerjakan sholat taubat dan mengetahui doa sholat taubat nasuha, yuk simak penjelasan selengkapnya dalam ulasan brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (13/4).