Brilio.net - Beribadah menjadi kewajiban umat beragama. Ibadah tak hanya mendekatkan diri pada Tuhan, kamu juga akan mendapatkan banyak keuntungan di dalamnya.

Beribadah menjadi sebuah kegiatan sakral yang harus kamu jalani dengan sungguh-sungguh. Karena ibadah adalah salah satu cara manusia berkomunikasi dengan sang Pencipta.

Apalagi saat Bulan Suci Ramadhan saat ini, jangan sampai kamu melewatkan kesempatan untuk meraih keberkahan ibadah. Ada banyak peluang pahala yang bisa kamu dapatkan. Apalagi salah satu keistimewaan bulan Ramadhan ini adalah akan dilipatgandakannya pahala.

Seperti dalam menjalankan sahur. Yaps, sahur nggak hanya jadi waktu untuk mempersiapkan amunisi untuk berpuasa.

Ketika melaksanakan sahur, kamu bisa melakukan beberapa sunah yang biasa dikerjakan oleh Rasulullah SAW. Salah satunya adalah membaca doa setelah sahur. Rupanya Rasulullah kerap membaca sebuah doa usai menjalankan sahur.

Loading...

1. Bacaan doa setelah sahur.

Doa setelah sahur © 2020 brilio.net

foto: unsplash.com

Sahur memang bukan menjadi syarat sahnya puasa. Namun sahur tetap dianjurkan agar umat muslim mendapat tenaga dan sanggup menjalankan puasa seharian.

Rasulullah Muhammad SAW bersama para sahabat juga selalu makan sahur sebelum berpuasa. Menu terbaik yang paling sering disantap Rasulullah saat sahur adalah kurma.

Nah setelah selesai menyantap sahur, Rasulullah kerap membaca doa seperti yang tercantum dalam hadits riwayat Thabrani.

Berikut doa yang bisa kamu lafalkan;

"Yarhamullahul mutasahhirin."

Artinya:

"Semoga Allah menurunkan rahmat-Nya bagi mereka yang bersahur."

2. Keutamaan sahur.

Doa setelah sahur © 2020 brilio.net

foto: unsplash.com

Bangun untuk menyantap sahur, mungkin menjadi tantangan tersendiri untuk kamu yang nggak terbiasa bangun pagi. Tapi usahakan untuk tetap bangun karena ada banyak keberkahan yang bisa kamu dapatkan saat sahur.

Bahkan malaikat turun menebar rahmat Allah SWT ketika sahur. Sehingga, waktu sahur sungguh mustajab untuk berdoa.

Orang-orang yang sahur, mendapatkan limpahan rahmat dan mendapatkan doa dari para malaikat. Walaupun bersahur dengan segelas air atau sebiji kurma, namun yang terpenting adalah niat di dalam bersahur.

Tak hanya itu, sahur juga memiliki beberapa keutamaan yang menjadikannya semakin spesial. Seperti yang disampaikan ahli tafsir M Quraish Shihab dalam laman YouTube Najwa Shihab, dikatakan bahwa sahur menjadi anjuran dari Rasulullah SAW.

Nabi Muhammad berpesan, "Bersahurlah walau hanya dengan sebiji kurma atau seteguk susu." Hal ini menggambarkan bahwa sahur menjadi salah satu sunah.

Nggak perlu berlebihan saat sahur. Rasulullah mengatakan setidaknya konsumsilah segelas air atau sebiji kurma saat waktu sahur tiba. Nabi pun bersahur dengan tiga biji kurma dan paling banyak tujuh biji kurma dan susu.

Keutamaan lain dari sahur juga tentu membiasakan kamu untuk bangun di malam hari. Mungkin di luar bulan Ramadhan kamu akan tidur di malam hari hingga pagi bahkan siang. Namun saat Bulan Suci ini tiba, kamu dituntut untuk bangun lebih awal.

Ketika kamu mampu terbiasa bangun sebelum subuh, sebenarnya akan memberikan keuntungan tersendiri untuk kamu. Seperti menjalankan sholat tahajud dan sahur untuk puasa lainnya.

Momen sahur sebenarnya juga bisa menjadi waktu untuk introspeksi diri. Hal ini terasaa saat kita dianjurkan untuk mengucapkan niat untuk sahur. Baik dilafalkan dan dianjurkan untuk diucapkan dalam hati. Niat itu berfungsi untuk merenung dan instrokpeksi diri.

Bahkan Imam Syafii berkata, "Niat berpuasa saat bulan Ramadhan harus dilakukan setiap hari." Dengan berniat, kita dapat menyempurnakan ibadah puasa yang dirasa kurang pada hari sebelumnya.

Selain itu juga dapat merenung dengan segala kekurangan selama berpuasa dan memperbaikinya saat sahur di hari selanjutnya.

3. Manfaat sahur.

Doa setelah sahur © 2020 brilio.net

foto: unsplash.com

Selain menjadi salah satu anjuran Rasulullah SAW, sahur juga memiliki banyak manfaat untuk tubuhmu. Sahur mungkin sekilas hanya terasa seperti makan biasa untukmu.

Padahal, di samping memberikan energi, menyantap sahur juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan imunitas yang baik, tubuh jadi tidak mudah terserang penyakit.

Sahur juga memberikan manfaat lebih untuk kamu yang sedang menjalankan program diet. Lakukan sahur dengan menu yang tepat, dengan begitu dietmu juga akan lebih mudah untuk tercapai.