Brilio.net - Sudah bukan jadi rahasia lagi jika setiap orang menginginkan rumah impian. Tidak seperti tinggal di hunian kos atau kontrakan. Dengan memiliki rumah pribadi, penghuni akan bebas mendesain rumah sesuai referensinya. Apalagi jika rumah tersebut dibangun dari nol.


Setiap pemilik rumah memiliki referensi pribadi soal desainnya. Apalagi jika ruangan tersebut merupakan area yang kerap digunakan beraktivitas. Seperti yang ditunjukkan oleh pemilik akun TikTok @hafzah82 ini. Lewat videonya, ia menunjukkan kondisi dapur di rumahnya.

Desain dapur rumahnya berbeda dari rumah yang sering ditemui. Hafzah rupanya ingin mempertahankan kesan tradisional pada dapurnya. Dapur tersebut akhirnya dikonsep secara tradisional tetapi masih diberi sentuhan modern.

dapur jongkok ala dapur simbok tradisional © 2023 brilio.net

foto: TikTok/@hafzah82

Dapur milik @hafzah82 ini didesain dengan tampilan rendah seperti dapur lesehan. Biasanya, dapur lesehan identik dengan 'pawon' atau dapur pada masa lampau. Dapur tradisional pada masa itu menggunakan tungku dan kayu untuk memasak, sehingga biasanya diletakkan di lantai. Orang-orang pada masa itu pun memasak dengan lesehan maupun duduk di sebuah bangku kecil atau 'dingklik'.