Brilio.net - Bagi masyarakat Indonesia, kayakinan banyak anak banyak rejeki masih cukup populer. Hal tersebut membuat banyak pasangan suami istri selalu menginginkan kehadiran anak dalam rumah tangganya.

Namun, hal tersebut tampaknya berbeda dengan apa yang terjadi di negeri Samurai, Jepang. Memiliki banyak anak justru menjadi sesuatu yang sangat asing.

Jika menilik data yang disajikan World Bank, rata-rata penduduk Jepang itu sendiri memiliki 1 atau 2 anak saja, bahkan ada juga yang memutuskan untuk tidak memiliki anak bahkan sampai tidak menikah. Salah satu alasan yang paling terkenal di Jepang yaitu kondisi ekonomi yang menjadi pertimbangan kuat untuk orang Jepang untuk tidak memiliki anak.

WNI banyak anak di jepang Instagram

foto: Instagram/@ameliamuriza_

Sangat berbeda dengan sebagian orang Indonesia yang tidak terlalu menjadikan faktor ekonomi untuk mengambil keputusan mempunyai anak atau tidak. Kebanyakan orang Jepang, menimbang banyak hal, mulai dari cara merawat anak, biaya hidup, pemenuhan gizi dan lain sebagainya.

Cerita dengan topik serupa juga dibagikan oleh seorang WNI yang merantau dan tinggal di Jepang. Melalui akun Instagram @ameliamuriza_, sepasang suami istri membagikan bagaimana rasanya memiliki banyak anak di mata orang-orang jepang.

"Pernah ada yang nanya: 'kak, mereka nggak heran kakak punya banyak anak gitu?' Heran sih pasti, soalnya pemikiran dan cara pandang orang di sini jauh berbeda dengan saya tentang punya anak. Tapi ga jadi masalah sih karena mereka cukup supportive," tulis pemilik akun mengawali ceritanya dalam caption videonya tersebut.

WNI banyak anak di jepang Instagram

foto: Instagram/@ameliamuriza_

Diketahui, sepasang suami istri ini mempunyai 4 anak. Dalam beberapa kegiatan, keempat anaknya sering diajak. Nah sepanjang perjalanan itulah suami istri ini sering menjadi orang-orang sekitar dengan keempat anaknya.

"Aslinya sering ada yang bilang gini, 'Taihen nee' artinya capek ya?" tutur pemilik akun dalam video.

Tak bisa dimungkiri, mengurus anak bukan perkara hal yang mudah, perilaku anak yang absurd kadang bikin lepas kendali. Punya anak satu saja, kadang kesulitan apalagi memiliki anak banyak pantas jika orang-orang Jepang memandang orang yang memiliki anak yang banyak terasa berat dan melelahkan.

WNI banyak anak di jepang Instagram



foto: Instagram/@ameliamuriza_