Bahkan, si pemilik video ini bercerita ketika sedang mengajak anak pergi bermain seorang diri dengan empat orang anak, ada orang-orang tua menyapa.

"Okaasan ganbatte! (semangat ya bunda!)," kata orang-orang Jepang tersebut.

Orang tua tentunya tahu bagaimana beratnya merawat anak, namun takdir juga tak dapat diubah, maka sikap suportif perlu diberikan. Kadang kala, menjadi sorotan banyak orang, bagaimana tidak, anaknya ada banyak, sesekali mereka menghitungnya.

WNI banyak anak di jepang Instagram

foto: Instagram/@ameliamuriza_

Pujian-pujian kadang juga terlontar, selain memang orang Jepang mudah memberikan pujian, tentunya mereka pun takjub melihat seorang ibu beranak empat di sekitar mereka.

"Pernah ada yang bilang 'Sugoi ne' (hebat!)," kata pemilik video melanjutkan.

Cerita lainnya, suatu hari ketika mereka sedang mengikuti kelas les bahasa Jepang, seorang guru bertanya, tentang rata-rata jumlah anak di Indonesia. Pemilik video menjawab bahwa di Indonesia setiap pasangan suami istri rata-rata punya anak tiga sampai empat orang.

Lantas guru itu pun bercerita, kalau ia memiliki anak kembar, satu anak memutuskan untuk tidak menikah, satu anak lagi menikah tapi tidak ingin memiliki anak.

Mendengar jawaban itu, guru bahasa Jepang itupun curhat bahwa dirinya punya anak kembar yang kini sudah berusia 40 tahun. Satu anaknya memilih untuk tidak menikah. Sementara satu lagi menikah namun memilih untuk tidak mempunyai anak. Meskipun begitu, ada juga kok orang Jepang yang memiliki anak sampai tiga atau empat, namun sangat jarang.

WNI banyak anak di jepang Instagram

foto: Instagram/@ameliamuriza_

Video ini pun tak lepas dari sorotan dan komentar warganet. Banyak yang mengapresiasi perjuangan pasangan ibu dan ayah ini. Selain itu mereka juga memuji orang-orang Jepang yang tetap mampu berdampingan dengan pasangan ini meski berbeda prinsip.

"Keren ya mereka (orang Jepang). Mereka punya prinsip hidup, tapi ga nyinyir ke orang2 yg prinsip hidupnya berbeda dari mereka. Justru mereka suportif gitu," tulis pemilik akun @wulan_santibi.

"Nggak usah orang sana, aku aja merasa orang yang memutuskan punya anak banyak itu punya keberanian, kesabaran lebih ya," timpal pemilik akun @instan_eva87.

"Masya Allah bisa jadi inspirasi orang Jepang untuk punya banyak anak di tengah krisis generasi muda Jepang yg enggan menikah dan memiliki anak," tulis pemilik akun @vannya_handayani.

"Mereka suruh lihat gen Halilintar aja biar makin kaget," kata akun @syintianaprima.

 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by #dentistmomdiary (@ameliamuriza_)