Brilio.net - Mukena adalah salah satu perangkat ibadah yang digunakan oleh muslimah saat shalat. Mukena biasanya berwarna putih dan terdiri dari dua bagian, yaitu atasan yang menutupi kepala dan badan, dan bawahan yang menutupi kaki. Mukenah yang bersih dan wangi tentunya akan membuat ibadahmu semakin khusyu.

Sayangnya seringkali mukena dibiarkan dalam keadaan lembab dan kotor setelah digunakan. Jika dibandingkan dengan area lain pada mukena, bagian kepalanya memang sangat rentan lembab jika tidak rutin dicuci. Terutama di area puncak kepala, dagu, hingga leher.

Mukenah yang lembab ini membuatnya berbau apek bahkan muncul bintik-bintik hitam akibat jamur. Noda jamur pada mukena cukup mengganggu, tak hanya penampilannya namun juga aromanya menjadi apek.

Membersihkan dengan cara mencuci biasa terkadang tidak mampu menghilangkannya. Jika mukena terlanjur kotor dan ada noda bintik hitam, kamu bisa meniru trik yang dibagikan oleh pengguna YouTube Zulaikha pratiwy. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku menggunakan satu tambahan bahan dapur, yakni cuka.