Brilio.net - Saat Ramadan, sudah menjadi kewajiban bagi umat Islam di seluruh dunia untuk puasa. Dalam prinsipnya puasa ini adalah kegiatan menahan lapar dan haus, dimulai dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari.

Masalahnya, waktu terbit dan tenggelamnya matahari berbeda-beda di setiap belahan dunia. Normalnya adalah 12 jam, ada yang lebih cepat ada pula yang lebih lama. Bahkan nggak jarang ada yang berpuasa dalam durasi yang sangat lama seperti di Nuuk, Greenland, dengan durasi puasa selama 17 jam 52 menit setiap harinya.

Hal ini tentu menjadi ujian tersendiri bagi setiap umat Islam. Demi mendapat pahala yang berlipat ganda, ibadah puasa tetap harus dijalankan.

Nah, ada cerita menarik berhubungan dengan durasi berpuasa. Cerita ini dibagikan oleh pemilik akun TikTok @alesandroazis. Pemilik akun yang diketahui pilot ini membagikan pengalaman puasanya dengan durasi yang sangat lama yakni 19 jam.

"The real puasa 19 jam," tulis caption unggahan tersebut.

Cerita pilot jalani puasa 19 jam TikTok

foto: TikTok/@alesandroazis

Lamanya durasi puasa si pilot bukan tanpa alasan. Dirinya mengungkapkan kalau saat ia menjalani puasa, ia sedang menerbangkan pesawat dari Indonesia ke Jeddah. Si pilot tersebut terbang dari timur ke barat.

Dengan kata lain, kata si pilot, dirinya puasa sambil 'mengejar' matahari. Dari Indonesia ke Jeddah waktu akan semakin mundur alih-alih maju.