Brilio.net - Dalam tradisi Islam, malam Lailatul Qadar atau "Malam Kebesaran" adalah salah satu malam yang paling mulia dan penting dalam bulan Ramadhan. Malam ini diyakini sebagai waktu di mana Al-Quran pertama kali diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW oleh Allah SWT.

Dikatakan bahwa beribadah pada malam ini bernilai lebih dari seribu bulan ibadah. Dalam Al-Quran, Allah SWT menyebutkan keutamaan malam ini dalam Surah Al-Qadr:

"Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar," (Al-Quran, Surah Al-Qadr: 1-5).

Ayat tersebut menerangkan, Allah menjelaskan bahwa malam Lailatul Qadar lebih baik daripada seribu bulan, menunjukkan keistimewaan dan keutamaannya yang luar biasa. Oleh karena itu, di malam Lailatul Qadar, umat Islam di seluruh dunia berusaha untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah dengan berdoa. Pasalnya doa malam Lailatul Qadar adalah pintu kebaikan yang terbuka lebar bagi mereka yang beriman dan berharap mendapatkan rahmat Allah SWT. Tak hanya itu umat muslim juga dianjurkan melakukan amalan-amalan yang sesuai dengan sunnah Rasulullah SAW.

Nah, untuk kamu yang mengharapkan rahmat Allah SWT, perlu mempersiapkan diri dengan doa dan amalan-amalan terbaik di malam itu. Berikut ini brilio.net himpun dari berbagai sumber, tentang doa malam Lailatul Qadar dan lima amalan sesuai sunnah Rasulullah yang bisa kamu amalkan, Selasa (19/03).

Kekuatan doa pada malam Lailatul Qadar.

Doa Malam Lailatul Qadar_2024 © 2024 brilio.net

foto: freepik.com

Salah satu amalan yang sangat dianjurkan pada malam Lailatul Qadar adalah berdoa. Rasulullah SAW memberikan petunjuk penting mengenai doa pada malam ini, sehingga umat Islam dihimbau untuk memperbanyak doa, istighfar, dan dzikir kepada Allah SWT.

Doa pada malam Lailatul Qadar memiliki kekuatan yang luar biasa. Ini adalah waktu di mana pintu-pintu langit dibuka, dan rahmat Allah SWT diturunkan dengan lebih melimpah. Maka dari itu, setiap doa yang dipanjatkan dengan sungguh-sungguh pada malam ini memiliki peluang besar untuk dikabulkan.

Contoh doa yang dianjurkan.

Ada banyak doa yang dianjurkan pada malam Lailatul Qadar, di antaranya adalah:

Doa untuk Pengampunan (Tawbah): "Astaghfirullahal 'adzim alladzi la ilaha illa Huwal Hayyul Qayyum wa atubu ilaih." (Aku memohon ampun kepada Allah Yang Maha Agung, tidak ada Tuhan selain Dia, Yang Maha Hidup, Yang terus-menerus berdiri, dan aku bertaubat kepada-Nya.)

Doa untuk Rahmat dan Kehidupan yang Baik: "Allahumma innaka 'afuwwun tuhibbul 'afwa fa'fu 'anni." (Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf, Engkau menyukai pemaafan, maka maafkanlah aku.)

Doa untuk Kebaikan Dunia dan Akhirat: "Rabbana atina fid-dunya hasanatan wa fil-akhirati hasanatan waqina 'adhaban-nar." (Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan peliharalah kami dari siksa neraka.)