Brilio.net - Ramadan bukan hanya merupakan bulan di mana umat Muslim menjalankan ibadah puasa, tetapi juga merupakan bulan yang dipenuhi dengan berbagai peristiwa penting dalam sejarah Islam. Salah satunya adalah peristiwa turunnya Alquran atau Nuzulul Quran.

Sejarahnya pun telah banyak dijelaskan dalam Alquran maupun hadits. Tepat pada 17 Ramadhan, Rasulullah sedang berada di Gua Hira. Ketika sedang bertafakur, malaikat Jibril datang dan menyampaikan wahyu dari Allah SWT.

Wahyu yang pertama turun adalah surat Al Alaq ayat 1-5. Karena itulah, malam Nuzulul Quran diperingati setiap 17 Ramadhan.

Malam Nuzulul Quran memiliki berbagai keutamaan dan keberkahan. Salah satu keutamaannya adalah bahwa malam ini merupakan salah satu dari sepuluh malam terakhir bulan Ramadan, di mana umat Muslim dianjurkan untuk meningkatkan ibadah dan mencari Lailatul Qadar.

Rasulullah SAW bersabda, "Carilah Lailatul Qadar pada sepuluh malam terakhir bulan Ramadan" (HR. Bukhari).

Di Indonesia, malam Nuzulul Quran sering menjadi momentum besar untuk menggelar pengajian, tabligh akbar, dan kegiatan-kegiatan Islami lainnya. Sebab ada banyak keutamaan malam Nuzulul Quran dan berbagai amalan-amalan yang disunahkan.

Penasaran apa saja? Dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (20/2), berikut keutamaan malam Nuzulul Quran beserta amalan yang dianjurkan.