Brilio.net - Sekolah kedinasan adalah sekolah tingkat penguruan tinggi dengan sistem yang berbeda. Sekolah ini diselenggarakan oleh lembaga pemerintahan (kementerian) dengan pola ikatan dinas atau pembibitan. Biasanya sekolah ini memfokuskan pendidikan dan pelatihan di bidang spesifik, yang berkaitan dengan tugas dan fungsi kementerian penyelenggara. Selain itu, bagi para taruna dan taruni yang belajar di sini, tidak akan dikenakan biaya selama masa studinya.

Sekolah kedinasan menjadi pilihan favorit banyak orang, sebab lulusannya bisa langsung bekerja dan menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN). Bagi kamu yang tidak ingin ambil pusing mencari pekerjaan setelah kuliah, sekolah kedinasan menjamin lulusannya mendapat kesempatan kerja di instansi pemerintahan terkait.

Contoh sekolah kedinasan yang sudah cukup terkenal, seperti AKPOL, STAN, IPDN, dan masih banyak lagi. Di dalamnya, para taruna dan taruni akan dididik dengan disiplin tinggi dan dilatih untuk memiliki jiwa korsa yang kuat. Hal itu berguna agar mereka tumbuh dengan jiwa loyal yang tinggi dan berbakti kepada bangsa.

Adapun beberapa persyaratan umum bagi yang ingin mendaftar di sekolah kedinasan, antara lain:

- Warga Negara Indonesia (WNI)

- Lulus SMA/SMK sederajat dengan jurusan tertentu

- Usia minimal 17 tahun dan maksimal 22 tahun

- Sehat jasmani dan rohani

- Memenuhi persyaratan tinggi badan dan berat badan

- Tidak memiliki catatan kriminal

- Berkelakuan baik

Nah, dari sekian banyak sekolah kedinasan yang ada, beberapa diantaranya cukup populer. Berikut 12 contoh sekolah kedinasan di Indonesia, langsung keterima jadi PNS dan ASN, seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (19/3).