Brilio.net - Merawat tanaman nggak sekadar menyalurkan hobi, lho. Kamu bisa mendapatkan banyak manfaat, mulai dari sisi kesehatan sampai dengan ekonomi. Dengan merawat tanaman, kamu bisa mengusir rasa stres yang ada di kepala, sehingga perasaan pun akan membaik secara perlahan. Kesejukan yang ditimbulkan dari merawat tanaman juga akan berdampak baik untuk organ pernapasanmu. Bahkan ada juga lho tanaman hias yang bisa berperan sebagai pembersih udara.

Tanaman lidah mertua juga masuk dalam golongan tanaman hias yang mampu menyerap polusi udara. Dengan meletakkan lidah mertua di dalam ruangan, dipercaya bisa menyerap bahan beracun seperti karbon dioksida, benzene, formaldehyde, dan trichloroethylene yang kurang baik untuk tubuh manusia. Nggak hanya itu, tanaman yang memiliki nama lain Sansevieria trifasciata ini akan menyerap radiasi dari alat-alat elektronik. Jadi kamu akan semakin sehat dan untung dengan merawat tanaman lidah mertua.

Dengan banyaknya jenis tanaman lidah mertua, kamu nggak boleh melewatkan jenis silver queen. Jenis ini digandrungi banyak pecinta tanaman sebagai tanaman hias. Dengan tampilan daun berwarna hijau dan abu-abu membuat jenis ini menarik mata. Tapi agar lidah mertua silver queen tumbuh subur, pastikan kamu melakukan perawatan dengan tepat. Nah seperti apa? Simak yuk selengkapnya dalam ulasan Brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (18/2) berikut ini.

Cara merawat lidah mertua silver queen.

1. Pencahayaan.

Cara merawat lidah mertua silver queen © Instagram

foto: Instagram/@shinyhappyleaf

Loading...

Lidah mertua silver queen nggak akan bikin kamu repot dalam merawatnya. Tanaman ini mudah beradaptasi dalam berbagai lingkungan. Bahkan jenis silver queen ini mampu bertahan dengan pencahayaan rendah. Justru sebaiknya kamu menghindari memberikan paparan sinar matahari yang terlalu kuat pada tanaman ini. Sehingga, jagalah tanaman ini pada area yang teduh saat kamu menempatkannya pada lingkungan outdoor. Sedangkan, saat di area indoor letakkan tanaman ini di dekat jendela agar mendapatkan pencahayaan yang pas.

2. Penyiraman.

Cara merawat lidah mertua silver queen © Instagram

foto: Instagram/@dgvbotanical

Hati-hati dalam melakukan penyiraman terhadap tanaman lidah mertua silver queen. Pasalnya tanaman hias ini tidak terlalu suka dengan kondisi yang terlalu basah. Akan lebih baik kalau kamu melakukan penyiraman saat kondisinya mulai mengering. Siramlah lidah mertua setidaknya satu minggu sekali. Namun ketika cuaca mulai terasa dingin, kurangi frekuensi penyiraman. Hal ini untuk menghindari kerusakan pada tanaman.

3. Tanah.

Cara merawat lidah mertua silver queen © Instagram

foto: Instagram/@foliagegardennyc

Agar tanaman tumbuh subur berikan campuran beberapa komponen pada tanaman. Jangan gunakan tanah seluruhnya. Kamu bisa menambahkan seperti pasir, sabut, ataupun kerikil. Atau kamu juga bisa menggunakan campuran pot standar untuk kaktus atau sukulen. Cara ini bisa jadi alternatif yang mudah untuk dilakukan, terutama bagi para pemula.

4. Suhu.

Cara merawat lidah mertua silver queen © Instagram

foto: Instagram/@plantphoria_98

Untuk kamu yang mencari tanaman hias indoor, jenis silver queen jadi pilihan yang tepat. Nah agar pertumbuhannya semakin baik, tempatkan tanaman ini pada area dengan suhu ruangan. Kondisi ini menjadi pilihan yang tepat untuk menjaga kelembapannya. Suhu ideal untuk merawat tanaman ini adalah 16-85 derajat Celcius. Selain itu hindari tanaman pada suhu di bawah 7 derajat Celcius.

5. Pembudidayaan.

Cara merawat lidah mertua silver queen © Instagram

foto: Instagram/@arsigol

Nggak cuma cara merawatnya yang mudah, kamu pun bisa mengembangkan hobi ini dengan melakukan pembudidayaan. Ketika kamu memilih cara pemotongan daun, ambil sekitar 3-4 inci lalu tanam pada tanah yang gembur. Kemudian tunggu beberapa bulan hingga akar berkembang dan melahirkan tanaman baru. Sedangkan untuk cara pembagian akar akan lebih mudah dan cepat dilakukan pada tanaman yang sudah dewasa.

Karakteristik tanaman lidah mertua silver queen.

Cara merawat lidah mertua silver queen © Instagram

foto: Instagram/@plant.your.life

1. Habitat asli.

Tanaman ini memiliki habitat asli di Afrika Barat. Namun tanaman ini juga banyak ditemukan di Madagaskar, India, dan juga Indonesia.

2. Kondisi daun.

Tanaman lidah buaya memiliki karakteristik daun yang memanjang dan tajam. Cukup mudah dalam mengenali tanaman ini, karena pada bagian daunnya memiliki kombinasi warna hijau dan abu-abu. Pola pada daunnya tidak beraturan dan berwarna hijau. Sedangkan bentuk garisnya tidak jauh berbeda dari jenis lidah mertua lainnya.

3. Ukuran.

Lidah mertua silver queen dapat tubuh hingga sekitar 90 cm. Jenis ini memiliki daun tegak panjang dengan ukuran kisaran 1,5 sampai 2 inci.

4. Hama.

Salah satu keunggulan dari tanaman lidah mertua adalah ketangguhan tanaman ini terhadap paparan hama ataupun penyakit. Namun kamu juga perlu waspada terhadap serangan laba-laba atau serangga lainnya yang dapat hinggap pada lidah mertua silver queen. Tapi kamu jangan khawatir, karena dampak buruk akan terminimalisir kalau kamu bisa mengatasi serangan hama lebih cepat. Pastikan tanaman tidak terlalu basah dan jagalah kondisinya agar selalu bersih.

5. Efek beracun.

Tanaman lidah mertua akan memberikan efek beracun pada manusia ataupun hewan saat tertelan dalam tubuh. Gangguan pada pencernaan, iritasi, sampai dengan diare dapat muncul setelahnya. Maka dari itu hindarkan tanaman ini dari jangkauan anak kecil ataupun hewan peliharaan.