Brilio.net - Seiring berjalannya waktu, produk perawatan kulit dan tubuh berevolusi dengan menawarkan berbagai keunggulan. Hal ini membuat banyak orang tergiur, terlebih produk-produk tersebut hadir dengan harga yang sangat murah. Perlu kamu ketahui, tidak semua produk yang ditawarkan baik untuk kulit, bisa saja membuat kulit menjadi lebih parah atau rusak.

Seperti yang sudah diketahui, produk-produk kecantikan yang beredar di pasaran memiliki bahan kimia. Bahan kimia itu bisa merusak kulit, terlebih jika kamu memiliki kulit yang sensitif. Oleh karenanya menggunakan bahan-bahan alami untuk merawat kulit menjadi pilihan yang tepat. Salah satunya kamu bisa menggunakan aloe vera atau lidah buaya.

Lidah buaya memiliki kandungan zat-zat seperti enzim, asam amino, mineral, vitamin, polisakarida dan juga komponen lain yang baik untuk kesehatan. Selain itu lidah buaya juga berkhasiat sebagai antiinflamasi, antijamur, antibakteri, dan juga dapat membantu proses regenerasi sel.

Cara membuat masker dari lidah buaya & putih telur Berbagai sumber

foto: freepik.com

Loading...

Tak hanya itu saja, aloe vera juga mengandung semua jenis vitamin kecuali vitamin D. Lidah buaya baik bagi kulit, karena dalam penggunaannya untuk perawatan kulit, aloe vera dapat menghilangkan jerawat, melembapkan kulit hingga detoksifikasi kulit.

Kamu juga bisa mencampurkannya dengan beberapa bahan lainnya. Misalnya dengan putih telur. Putih telur yang secara turun-temurun dipercaya sangat bermanfaat untuk meningkatkan kecantikan.

Putih telur mengandung protein dan albumin tinggi, bisa memberikan efek mengencangkan kulit dan menyerap minyak berlebih dari kulit sebagaimana dikutip dari medicalnewstoday. Tak heran jika putih telur kerap dimasukkan jadi bahan pokok perawatan. Misalnya dipakai sebagai bahan utama masker wajah untuk berbagai jenis kulit.

Cara membuat masker dari lidah buaya & putih telur Berbagai sumber

foto: freepik.com

Putih telur ini dikenal manfaatnya untuk mengecilkan pori-pori, dengan begitu kulit menjadi lebih halus dan kotoran tidak mudah menempel yang bisa menyebabkan jerawat.

Nah bagaimana memadukan kedua bahan di atas untuk merawat kulit kamu? Berikut caranya yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Senin (14/12).

Lidah buaya dan putih telur

1. 1 butir putih telur yang sudah dikocok

2. Masukkan ke dalam 2 sdm cincangan daging buah aloe vera

3. Aplikasikan adonan tersebut sebagai masker

4. Diamkan beberapa saat

5. Bilas wajah hingga bersih dengan air hangat.

Manfaat putih telur untuk kecantikan dan cara pakainya

1. Menghapus bulu wajah secara alami.

Dikutip dari cookist, putih telur sangat efektif untuk membuat wajah tampak lebih bersih dengan menghilangkan bulu wajah. Caranya, oleskan putih telur hingga menutupi seluruh wajah. Tutup wajah dengan kertas atau tisu bersih, lubangi area mata dan mulut. Olesi lagi kertas atau tisu dengan putih telur. Diamkan hingga mengering. Setelah itu, tarik secara perlahan kertas atau tisu dari wajah.

2. Mengencangkan pori-pori kulit.

Dilansir dari cookist, astringent pada putih telur membantu mengencangkan pori-pori kulit dan membuat penampilan makin awet muda. Caranya, oleskan campuran putih telur, jus lemon segar, dan madu alami ke seluruh wajah. Biarkan selama 15 menit lalu bersihkan dengan air hangat.

3. Mengecilkan kulit kendur.

Menurut cookist, khasiat lain dari putih telur ialah bisa mengencangkan kulit kendur. Caranya mudah, oleskan tipis-tipis secara merata putih telur pada wajah atau bagian kulit lain. Biarkan mengering. Setelah itu bersihkan dengan air.

4. Menghilangkan kulit berminyak.

Dikutip dari cookist, kulit berminyak pada wajah dan rambut dapat dikontrol dengan perawatan putih telur. Pertama-tama, bersihkan wajah atau rambut terlebih dulu. Tepuk-tepuk dengan air hingga kering. Selanjutnya, oleskan putih telur secara merata, tunggu hingga kering. Setelah mengering, bilas dengan air bersih.

Untuk kulit kepala, campurkan satu putih telur dengan sedikit madu. Oleskan pada kepala dan diamkan kurang lebih selama selama 10 menit. Kemudian bilas dengan cara keramas seperti biasanya.

5. Mencegah jerawat.

Menurut cookist, putih telur juga bisa membantu mengontrol kulit berminyak yang berkaitan dengan jerawat. Namun perlu diingat, putih telur tidak boleh dioleskan langsung pada kulit yang berjerawat karena dapat memperburuk erupsi lebih parah. Biarkan jerawat mengering atau kempis terlebih dulu, baru aplikasikan masker putih telur dipadukan dengan madu.

6. Membuat rambut bersinar.

Dilansir dari cookist, untuk mendapatkan rambut berkilau dan bersinar, kamu bisa memanfaatkan putih telur. Caranya oleskan putih telur pada helai rambut. Biarkan selama 20 menit, kemudian bilas dan keramas sampai bersih.

7. Membantu menghilangkan komedo.

Dikutip dari beautymunsta, putih telur punya sifat astringen. Bahan dapur ini dapat mengeluarkan sebum, mengeluarkan kotoran yang menempel jauh di dalam pori-pori. Selain itu, putih telur juga bisa mengencangkan pori-pori yang membantu secara alami mengeluarkan komedo hitam dengan mengeluarkannya dari permukaan kulit.

Caranya, pisahkan dengan dengan kuning telur. Campur dengan bahan alami lain seperti madu atau minyak zaitun. Oleskan pada wajah berkomedo. Diamkan hingga masker kering. Bilas menggunakan air sampai bersih.

8. Mengurangi bengkak di bawah mata.

Dilansir dari beautymunsta, secara efektif putih telur bisa menghilangkan bengkak di bawah mata dan kantung mata. Caranya mudah, gosokkan secara perlahan putih telur di bawah mata menggunakan jari telunjuk. Bilas bersih saat mengering. Keringkan bawah mata dengan handuk lembut kemudian oleskan minyak kelapa.

Cara ini juga efektif untuk mengurangi penuaan dini, pembentukan kerutan, garis halus dan otot wajah yang kendur, serta menghilangkan komedo hitam.

9. Menghilangkan ketombe.

Dilansir dari timesofindia, selain rambut berkilau, putih telur bisa kamu gunakan untuk menghilangkan ketombe. Caranya kocok dan campur 2 putih telur, 2 sendok makan minyak zaitun, 1 cangkir yogurt, dan 1 sendok makan jus lemon sampai lembut. Oleskan pada rambut dan biarkan selama sekitar 5-10 menit. Jika sudah, bilas rambut hingga bersih. Ulangi sekali dalam dua minggu untuk mendapatkan hasil yang efektif.

10. Melembapkan kulit.

Dikutip dari timesofindia, putih telur dapat mencegah wajah kering jika dipakai dengan benar. Caranya campur putih telur dengan satu sendok teh madu. Oleskan pada wajah, diamkan selama 10-15 menit. Bilas wajah dengan air dingin. Ulangi sekali atau dua kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.