Brilio.net - Seberapa penting sih, menggunakan masker wajah? Layaknya serum atau pelembap, masker wajah merupakan salah satu cara perawatan kulit. Seperti diketahui, penggunaan masker wajah bisa memberikan zat aktif, vitamin, dan nutrisi yang sangat dibutuhkan kulit untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Wajah menjadi salah satu yang harus dirawat jika seseorang menginginkan tampil lebih percaya diri setiap harinya. Bahkan saking dibutuhkannya, produk-produk kecantikan untuk masker wajah pun sangat mudah ditemukan, mulai dari sheet mask, clay mask, gel mask, dan peel off mask.

Bahan-bahan alami menjadi pilihan tepat untuk merawat kulit wajah, hal ini dikarenakan tidak mengandung efek samping. Salah satu yang banyak dipercaya orang adalah aloe vera atau lidah buaya. Sekarang ini memang sudah banyak sekali produk-produk kecantikan yang terbuat dari bahan dasar lidah buaya, namun nggak ada salahnya kalau kamu mencoba membuatnya sendiri di rumah.

Lidah buaya memiliki kandungan zat-zat seperti enzim, asam amino, mineral, vitamin, polisakarida dan juga komponen lain yang baik untuk kesehatan. Selain itu lidah buaya juga berkhasiat sebagai antiinflamasi, antijamur, antibakteri, dan juga dapat membantu proses regenerasi sel.

Aloe vera juga mengandung semua jenis vitamin kecuali vitamin D. Lidah buaya baik bagi kulit, karena dalam penggunaannya untuk perawatan kulit, aloe vera dapat menghilangkan jerawat, melembapkan kulit hingga detoksifikasi kulit, dan masih banyak lainnya lagi.

Loading...

Nah, buat kamu yang ingin mencoba sendiri di rumah, berikut cara-cara membuat masker lidah buaya seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (30/11).

Pertama kamu harus menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan, seperti:

1. Lidah buaya secukupnya

2. Vitamin C atau vitamin E (opsional)

3. Madu

4. Pisau

5. Mangkuk

6. Garpu

7. Toples

Jika ingin menyimpannya lebih lama, kamu bisa membekukannya atau menambahkan pengawet ke dalam proses pembuatannya. Kamu bisa juga menambahkan bubuk vitamin C atau vitamin E untuk membuat gel lidah buaya bertahan lama.

Cara membuat masker lidah buaya:

1. Cuci tangan hingga bersih, hal ini untuk memastikan agar gel lidah buaya tidak terkontaminasi.

2. Potonglah kulit bagian terluar dari daun lidah buaya. Kemudian, cucilah dengan baik. Bersihkan kotoran yang terdapat pada daun lidah buaya.

3. Berdirikan daun lidah buaya yang sudah dicuci bersih tersebut untuk menurunkan resin berwarna kuning yang mengalir keluar dari daun. Resin mengandung lateks yang dapat mengiritasi kulit. Kemudian kamu tinggal membersihkan sisa-sisa daun dan kupas kulitnya dengan menggunakan pisau kecil.

4. Setelah daun terkelupas, selanjutnya kamu tinggal mengambil gel lidah buayanya. Untuk mempermudah mengambilnya, kamu bisa menggunakan sendok dan serut secara perlahan. Masukkan ke dalam wadah yang sudah kamu siapkan.

5. Blender beberapa detik gel lidah buaya alami hingga berbusa. Setelah itu, pindahkan gel lidah buaya yang sudah diblender ke wadah tertutup. Kamu bisa menyimpannya selama 1 minggu. Jika ingin lebih lama, kamu bisa menambahkan pengawet.

Bagi kamu yang menginginkan gel lidah buaya lebih awet, kamu bisa menambahkan vitamin C atau vitamin E. Kedua pengawet alami ini merupakan pengawet yang sangat baik untuk memperpanjang penyimpanan gel lidah buaya.

Kedua vitamin atau pengawet aman ini mengandung antioksidan dan anti-penuaan, yang bisa membantu meningkatkan daya untuk melindungi gel lidah buaya.

Cara menambahkan pengawet:

1. Sediakan cangkir ukuran 1/4 cangkir atau 60 ml gel lidah buaya, kamu bisa menambahkan 500 mg bubuk vitamin C atau 400 International Unit (IU) bubuk vitamin E atau bisa kamu juga bisa menggunakan keduanya.

2. Tambahkan kedua vitamin ini langsung ke dalam proses blender gel lidah buaya.

3. Kemudian kamu tinggal menyimpan gel lidah buaya ke dalam wadah tertutup dan masukkan ke dalam lemari es.

-

Manfaat lidah buaya untuk kulit dan badan

1. Menyembuhkan ruam dan iritasi kulit.

Jika kamu mengalami kondisi kulit yang ditandai iritasi, bengkak atau gelembung kulit yang diketahui dengan adanya warna kemerahan, bisa jadi kamu mengalami ruam kulit. Biasanya hal ini akan diikuti dengan rasa gatal, bersisik, kulit yang mengeras atau benjolan melepuh pada kulit.

Untuk menangani permasalahan ini di rumah, kamu bisa memanfaatkan lidah buaya. Bahkan ada banyak penelitian dengan pemberian lidah buaya tropikal dalam kulit dan penyembuhan luka, antara lain pengobatan psoriasis, dermatitis, mucositis oral, dan luka bedah. Manfaatkan ekstrak lidah buaya, karena dilaporkan bisa memberikan bantuan cepat untuk mengurangi rasa gatal dan terbakar pada permasalahan kulit.

2. Mengobati luka bakar.

Kecelakaan kerja sangat bisa terjadi dan memungkinkan menimbulkan luka bakar ringan. Jangan panik, apalagi saat kamu tidak dapat segera pergi ke dokter. Kamu bisa memanfaatkan gel lidah buaya.

Caranya cukup mudah, peras lidah buaya secara perlahan hingga cairan bertekstur kental lepas dari kulit buaya. Lalu gunakan gunting tajam untuk memotong daun lidah buaya. Belah menjadi dua bagian, kemudian tempelkan kulit lidah buaya dan sisa dagingnya pada kulit yang terbakar.

Rasa perih dapat muncul selama melakukan proses ini. Namun tahan sebentar dan biarkan luka bakar menyerap nutrisi yang dikeluarkan lidah buaya. Gel lidah buaya memiliki kandungan khusus untuk menghidrasi kulit. Hal ini berarti kamu akan mendapatkan tekstur dan elastisitas kulit membaik ketika merawat menggunakan lidah buaya secara rutin.

3. Melembapkan kulit kepala dan rambut.

Aloe vera memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat tinggi dan membuat rambut kuat dan juga sehat. Karena memiliki sifat antibakteri dan juga antijamur, lidah buaya juga dapat mengatasi ketombe.

Sementara itu, aloe vera juga memiliki enzim gel, yang mampu membersihkan kulit kepala dan mempercepat regenerasi jaringan kulit di area folikel rambut. Bahkan saat kulit kepala kering tak jarang akan menimbulkan rasa gatal, maka dengan menggunakan gel aloe vera dapat membantu mengurangi rasa gatal yang berkaitan dengan hal tersebut ataupun ketombe.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Hebatnya lidah buaya adalah mampu membantu penyerapan vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk tubuh. Tak tanggung-tanggung, lidah buaya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita lho.

Untuk merasakan manfaatnya kamu bisa mengonsumsi lidah buaya dalam bentuk jus. Kalau kamu ingin cara yang lebih mudah, kamu bisa menikmati dalam bentuk es lidah buaya.

Caranya, cukup potong daging lidah buaya menjadi bentuk dadu, siapkan gelas atau cangkir yang sudah dituang sirup sesuai selera, dan masukkan daging lidah buaya. Agar semakin nikmat kamu bisa menambahkan agar-agar, es batu, dan perasan lemon.

5. Membasmi plak gigi.

Plak gigi merupakan massa bakteri yang tumbuh pada permukaan di dalam mulut. Pada awalnya plak gigi tidak lengket, namun ketika membentuk tartar sering ditemukan warna kecokelatan atau kuning pucat. Plak gigi dapat ditemukan di sela-sela gigi, di depan gigi, di belakang gigi atau bisa juga di permukaan mengunyah. Jangan biarkan plak gigi bersarang, karena semakin lama dapat menimbulkan kerusakan pada gigimu.

Lidah buaya dapat menjadi solusi alami untuk mengurangi plak gigi. Tanaman ini dapat digunakan sebagai obat kumur untuk mengurangi dan membasmi plak gigi. Efeknya hampir sama dengan chlorhexidine atau obat antiseptik golongan antimikroba.

6. Membantu proses detoksifikasi.

Setelah lelah beraktivitas seharian, tubuh memerlukan waktu untuk mengeluarkan semua racun yang ada di dalam tubuh kita. Proses pengeluaran inilah yang disebut detoksifikasi. Proses ini dapat dilakukan dengan bantuan berbagai bahan sehat, salah satunya adalah lidah buaya.

Mengonsumsi lidah buaya, dapat membantu proses detoksifikasi dalam tubuh menjadi lebih cepat, hal ini karena kandungan yang dimiliki oleh lidah buaya.

7. Sebagai antioksidan dan mengurangi peradangan.

Aloe vera mengandung vitamin dan mineral dalam jumlah banyak. Hal ini mampu mengurangi peradangan dan melawan kerusakan radikal bebas. Salah satu kandungan dalam aloe vera adalah vitamin A, yang menjadi antioksidan dan juga membantu mengurangi peradangan.

Selain itu juga ada vitamin C, yang merupakan komponen penting dalam lidah buaya dan mampu melindungi tubuh dari penyakit kardiovaskular, masalah kesehatan mata, bahkan kerutan pada kulit.

8. Sumber asam amino.

Asam amino sering dikaitkan dengan protein. Dalam bentuk sederhana dari protein, bentuk asam amino yang nanti bisa diserap oleh tubuh dan menjalankan fungsi dengan baik.

Asam amino memiliki peran penting dalam tubuh, di antaranya membantu memperbaiki jaringan tubuh, menjaga keseimbangan tubuh, membentuk hormon, dan membentuk sistem kekebalan tubuh. Mengonsumsi jus lidah buaya mengandung 7 asam amino dari 8 asam amino yang tidak dapat dihasilkan oleh tubuh secara mandiri.

9. Menghilangkan bekas jerawat.

Permasalahan jerawat seringkali dikeluhkan para wanita, namun setelah selesai masih ada permasalahan bekas jerawat yang dapat mengganggu penampilan. Namun kamu bisa mengatasi hal ini dengan menggunakan lidah buaya.

Cukup siapkan satu sendok makan gel lidah buaya dan setengah sendok teh jus lemon. Selanjutnya, campur lidah buaya dan lemon ke dalam mangkuk hingga merata. Oleskan sebagai masker alami pada wajah. Diamkan selama 20-30 menit, lalu bilas menggunakan air bersih.

10. Mengecilkan pori-pori.

Memanfaatkan lidah buaya untuk kecantikan dapat memiliki efek baik yang sangat banyak. Tak hanya mengatasi permasalahan jerawat, namun juga mengecilkan pori-pori.

Di samping itu kamu juga akan merasakan kesegaran pada kulit serta mencerahkan kulit wajah. Caranya ambil gel lidah buaya yang ada di bagian tengah, oleskan secara merata pada kulit wajah, diamkan selama 15 menit dan bilas menggunakan air bersih.