Brilio.net - Cengkeh merupakan salah satu rempah yang kerap digunakan untuk olahan makanan, minuman, obat-obatan, hingga rokok (terutama kretek). Cengkih atau Syzygium aromaticum ini mudah ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Cengkeh memiliki rasa manis serta aroma manis yang khas. Rupanya bagian tanaman cengkeh mulai dari bunga, tangkai bunga hingga daunnya dapat dimanfaatkan.

Diketahui satu sendok teh atau sekitar dua gram cengkeh, mengandung energi sebesar 21 kalori, satu gram karbohidrat, dan serat. Selain itu cengkeh juga mengandung mangan, vitamin K, vitamin C, kalsium, magnesium, dan vitamin E. Biasanya cengkeh juga diolah menjadi minyak yang memiliki sifat anestetik, antiseptik, dan antispasmodik.

Tak hanya itu cengkeh juga dimanfaatkan sebagai obat oles untuk meredakan sakit gigi dan berguna sebagai aroma terapi. Nah, kira-kira apa saja ya manfaat cengkeh untuk kesehatan?

Berikut 9 manfaat cengkeh untuk kesehatan seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (20/11).

1. Mengurangi nyeri gigi.

cengkeh untuk kesehatan © 2020 brilio.net/ freepik.com

Loading...

foto: freepik.com

Nah, bagi kamu yang mencari obat untuk meredakan sakit gigi, kamu bisa memanfaatkan minyak cengkeh. Kandungan eugenol di dalamnya mampu meringankan nyeri karena senyawa ini memiliki sifat antiinflamasi.

Apalagi cengkeh juga memiliki sifat antijamur, antibakteri dan antioksidan. Nah, untuk mengatasi nyeri gigi, kamu bisa menuangkan minyak cengkeh di kapas ataupun cotton bud. Lalu oleskan pada gigi atau gusi yang terasa sakit.

2. Menjaga sistem pencernaan.

cengkeh untuk kesehatan © 2020 brilio.net/ freepik.com

foto: freepik.com

Selain untuk meredakan nyeri gigi, cengkeh juga bisa dimanfaatkan untuk menjaga sistem pencernaan dalam tubuh manusia. Berkat kandungan berkat kandungan tanin, flavonoid, sterol, membuat cengkeh efektif mengobati masalah pencernaan.

Cengkeh akan merangsang sekresi enzim pencernaan, mengurangi perut kembung, mengatasi iritasi lambung, dispepsia, hingga mual. Selain itu cengkeh juga dipercaya dapat mengatasi penyakit diare kronis dan disentri kronis.

Cara penggunaannya yakni dengan merebus satu gelas ari putih dan 5 biji cengkeh hingga mendidih. Setelah itu diamkan 10 menit, saring dan minum sebanyak 2 kali dalam sehari.

3. Melindungi fungsi hati.

cengkeh untuk kesehatan © 2020 brilio.net/ freepik.com

foto: freepik.com

Senyawa eugenol yang terkandung dalam cengkeh ternyata sangat baik untuk hati. Eugenol dapat menjadi suplemen untuk memperbaiki hati yang berlemak dan efek yang ditimbulkan akibat stres oksidatif. Cengkeh juga diketahui efektif membantu tubuh melawan sirosis hati.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

cengkeh untuk kesehatan © 2020 brilio.net/ freepik.com

foto: freepik.com

Manfaat selanjutnya yakni meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kemampuan cengkeh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya.

Antioksidan ini membantu sistem imun tubuh dalam melawan penyakit dengan meningkatkan jumlah sel darah putih. Selain itu cengkeh juga mengandung magnesium, kalium, kalsium, vitamin A, hingga vitamin C yang mendukung kesehatan tubuh.

Untuk mendapatkan manfaatnya kamu dapat mengonsumsi rebusan 1,5 sdt cengkeh yang dicampur dengan 1 batang kayu manis serta juga satu sendok jus lemon.

5. Membunuh bakteri.

cengkeh untuk kesehatan © 2020 brilio.net/ freepik.com

foto: freepik.com

Seperti diulas di atas, cengkeh memiliki sifat antibakteri yang bisa menghentikan infeksi yang disebabkan pertumbuhan bakteri. Minyak cengkeh dipercaya mampu membunuh bakteri E.coli.

Selain itu, cengkeh juga bermanfaat untuk membantu menghentikan pertumbuhan berbagai jenis bakteri di mulut. Efek antibakteri dalam cengkeh juga dapat menghambat pertumbuhan kuman di kulit penyebab jerawat.

6. Mengobati tukak lambung.

cengkeh untuk kesehatan © 2020 brilio.net/ freepik.com

foto: freepik.com

Rasa mual dan begah biasanya datang apalagi ketika produksi asam lambung meningkat. Tukak lambung disebabkan karena penipisan lendir lambung atau sering juga disebut dengan asam lambung. Kondisi ini bisa disebabkan dari beberapa faktor salah satunya stres dan infeksi.

Kamu pun bisa mengatasi masalah asam lambung dengan herbal alami dari cengkeh. Minyak esensial dalam cengkeh bisa meningkatkan produksi lendir lambung, sekaligus mencegah luka pada dinding lambung akibat cairan asam lambung.

7. Menguatkan tulang.

cengkeh untuk kesehatan © 2020 brilio.net/ freepik.com

foto: freepik.com

Kandungan mangan dalam cengkeh ternyata bisa menjaga fungsi otak dan pembentukan tulang. Selain itu sejumlah senyawa aktif dalam cengkeh bisa membantu menjaga dan meningkatkan kepadatan massa tulang. Manfaat cengkeh juga bisa menguatkan tulang dalam kasus osteoporosis.

8. Mencegah ejakulasi dini.

cengkeh untuk kesehatan © 2020 brilio.net/ freepik.com

foto: freepik.com

Minyak cengkeh dipercaya dapat mencegah ejakulasi dini pada seorang pria. Penggunaannya pun sangat mudah karena cukup dengan mengonsumsi makanan yang sudah dicampuri cengkeh dalam porsi yang tidak terlalu banyak.

Manfaat dari cengkeh memang tidak bisa didapatkan secara cepat harus memerlukan proses yang panjang. Kandungan eugenol adalah sebuah senyawa yang dapat membantu pria dalam hal stamina atau mencegah ejakulasi dini.

9. Penghilang stres.

Ilustrasi Virus Corona 2019-2020 © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Cengkeh ternyata juga dapat kamu manfaatkan sebagai obat stres. Selain bisa menghirup aroma cengkeh atau kamu juga bisa memanfaatkannya sebagai minuman hangat dan untuk membuat larutan anti-kuman.

Siapkan bahan cengkeh, daun kemangi, dan daun mint, lalu rebus di panci berisi air hingga mendidih. Kamu pun dapat meminumnya selagi hangat. Dengan cara itu, otot yang tegang akibat stres akan lebih rileks karena ada kandungan eugenol pada cengkeh.