Brilio.net - Cengkeh merupakan rempah-rempah dengan aroma yang khas. Di balik aromanya yang harum, ternyata cengkeh menyimpan manfaat kesehatan, lho. Mau tahu apa saja?

Berikut penjelasannya, seperti dikutip brilio.net dari laman A2Z Lifestyles, Rabu (1/7).

1. Muntah

Aroma yang kuat dari cengkeh sering dapat membantu mengatasi rasa mual. Minyak esensial cengkeh yang digunakan untuk hal ini. Atau kalau tidak, kamu bisa mengambil beberapa butir cengkeh dan mencampurnya dengan gula aren dan asam. Minum larutan ini dua kali sehari. Dijamin morning sickness-mu lenyap.

2. Sinusitis

Loading...

Cengkeh bisa meringankan sinusitis. Kamu menghirup aroma serbuk cengkeh ke dalam hidungmu secara perlahan. Tindakan ini akan membantu menghapus semua lendir dan penghalang lainnya di hidung kamu.

3. Sakit gigi

Kamu bisa memanfaatkan minyak cengkeh untuk pengobatan sakit gigi, lho. Atau kamu bisa menghancurkan beberapa butir cengkeh untuk dijadikan minyak. Setelah itu rendam cotton bud untuk ditempelkan di gusi.

4. Terapi aromatik

Karena baunya sudah wangi, minyak esensial cengkeh sering digunakan untuk tujuan terapi aromatik. Cengkeh ini bisa menenangkan pikiran dan mengurangi stres. Sebab cengkeh dianggap sebagai afrodisiak oleh banyak orang. Selain itu, cengkeh dipercaya dapat mengatasi kelelahan dan meremajakan tubuh kamu.

5. Bau mulut

Selain mint, cengkeh juga bisa dimanfaatkan mengatasi bau mulut. Kamu bisa mencampur cengkeh ke dalam teh favoritmu atau bisa juga kamu jadikan ekstrak untuk makanan kamu.

6. Gangguan pernapasan

Minyak cengkeh merupakan antiseptik yang sangat baik. Dia mampu membunuh kuman dan bertindak sebagai ekspektoran dan mengurangi batuk berdahak. Selain itu bisa mengatasi pilek.

7. Obat penghilang rasa sakit

Cengkeh sangat bermanfaat dalam menyerap rasa sakit, contohnya ya sakit gigi tadi. Selain itu, bisa membantu mengobati memar, goresan, dan luka fisik lainnya.

Tapi bukan langsung ditempelkan lho, ya. Itu akan terasa menyengat dan menyakitkan. Lebih baik kamu pakai dalam bentuk cengkeh yang digeprek atau dijadikan bubuk lantas dicampur minyak zaitun.

Cengkeh ini juga bisa membantu mengurangi peradangan. Tak heran digunakan untuk mengobati arthritis dan rematik.

8. Masalah pencernaan

Cengkeh dapat mengatasi masalah pencernaan karena sifatnya menenangkan lapisan dalam saluran gastro-intestinal. Cengkeh bisa dimanfaatkan untuk mencegah iritasi lambung, muntah, diare, mual dan masalah pencernaan lainnya. Namun begitu, efek cengkeh tidaklah ringan. Maka harus digunakan dengan bijaksana dan dalam jumlah seperlunya saja.

BACA JUGA:

12 Kebiasaan harian yang ternyata bisa bahayakan kondisi mental kamu!

Sering nyeri punggung? Hati-hati, itu bisa karena kebiasaan merokokmu!

Awas! 10 Bahan makanan ini nggak boleh kamu simpan di dalam lemari es

VIDEO: Hal-hal yang terjadi pada jasadmu di dalam tanah usai meninggal

Begini penjelasan kenapa maghrib & tengah malam identik dengan mistis