Brilio.net - Manfaat buah pisang sudah diketahui banyak orang. Mulai dari menjaga kesehatan tubuh, menambah asupan nutrisi sehat, sampai dengan menangkis berbagai jenis penyakit. Dengan banyaknya manfaat, membuat buah pisang bisa dikonsumsi semua kalangan. Orang dewasa sampai anak-anak pun bisa menikmatinya. Eits nggak ketinggalan untuk ibu hamil. Ibu yang sedang mengandung memerlukan asupan gizi sehat untuk dirinya dan juga si kecil. Nah pisang jadi salah satu buah yang kerap direkomendasikan untuk ibu hamil.

Pisang memiliki banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Mulai dari vitamin A, vitamin C, vitamin B6, vitamin D, vitamin B12, kalsium, zat besi, sampai magnesium. Selain kandungan nutrisi yang baik untuk ibu hamil, buah pisang juga memiliki kelebihan rasa yang enak. Dengan tekstur yang lembut juga membuat buah ini mudah dikonsumsi. Cara mengolahnya pun juga nggak susah. Tapi sebelum menyantapnya, coba simak yuk manfaatnya untuk kesehatan ibu dan janin.

Berikut ulasan selengkapnya dalam brilio.net pada Kamis (10/12) dari allaboutwomenmd.com.

1. Mengurangi morning sickness.

Manfaat pisang untuk ibu hamil  © freepik.com

foto: freepik.com

Loading...

Selama masa kehamilan, ibu akan mengalami banyak perubahan pada tubuh. Mulai dari bentuk badan sampai dengan perasaan. Salah satu yang kerap terjadi adalah permasalahan morning sickness. Biasanya kondisi ini membuat ibu merasa mual-mual. Namun walaupun memiliki nama "morning" situasi ini nggak selalu terjadi pada pagi hari. Nah, salah satu cara mengatasinya dengan mengonsumsi pisang. Pisang kaya akan vitamin B dan juga vitamin B6. Vitamin ini ada di sebagian besar obat antimual yang dikonsumsi wanita hamil. Untuk mengatasinya, kamu bisa menambahkan satu atau dua pisang ke dalam makanan agar merasa lebih nyaman.

2. Meningkatkan kadar zat besi.

Manfaat pisang untuk ibu hamil  © freepik.com

foto: freepik.com

Permasalahan lain yang dialami ibu hamil adalah ketika memiliki kadar zat besi yang rendah. Ketika kamu mengalami kondisi ini bisa juga menyebabkan anemia. Seperti yang kamu ketahui, pasalnya janin harus mendapat aliran darah yang lancar untuk menjamin kesehatannya. Maka dari itu kamu bisa mengatasi dengan buah pisang. Makan pisang dapat membantu meningkatkan kadar zat besi tersebut. Namun, kalau kamu masih merasakan lemas bisa menghubungi dokter untuk mendapatkan saran penanganan.

3. Menambah asupan asam folat.

Manfaat pisang untuk ibu hamil  © freepik.com

foto: freepik.com

Kandungan asam folat sering dikaitkan dengan kebutuhan ibu hamil. Pasalnya, asam folat penting untuk perkembangan janin di dalam kandungan. Selain itu, selama mengonsumsi vitamin prenatal setiap hari yang mengandung asam folat, pisang juga dapat memberikan sebagian dari nutrisi yang sangat dibutuhkan ibu selama masa kehamilan. Jadi nggak ragu untuk menyiapkan pisang di rumah bukan?

4. Melancarkan pencernaan.

Manfaat pisang untuk ibu hamil  © freepik.com

foto: freepik.com

Terkadang seorang ibu hamil bisa mengalami gangguan pencernaan selama mengandung. Pisang bisa jadi salah satu bahan alami yang bisa membantu melancarkannya lho. Pisang kaya akan serat, yang merupakan nutrisi penting untuk pencernaan. Serat ekstra di dalam pisang, dapat membantumu untuk buang air besar secara teratur. Dampak baiknya, kamu juga bisa terhindar dari sembelit yang sering timbul selama masa kehamilan.

5. Membantu perkembangan otak bayi.

Manfaat pisang untuk ibu hamil  © freepik.com

foto: freepik.com

Kesehatan janin tentu jadi salah satu yang penting selama masa kehamilan. Ibu bisa menjaga kesehatan otak bayi dengan menambahkan asupan gizi baik, salah satunya dengan pisang. Vitamin B6, zat besi dan asam folat adalah nutrisi penting yang dibutuhkan bayi untuk perkembangan otak dan saraf yang sehat. Menariknya ketiga kandungan tersebut bisa ditemukan pada buah pisang. Praktis dan sehat banget!

6. Mengatasi rasa mulas.

Manfaat pisang untuk ibu hamil  © freepik.com

foto: freepik.com

Gangguan kesehatan yang satu ini juga bisa dialami ibu hamil. Apalagi untuk kamu yang memang memiliki riwayat maag. Tentu rasa mulas saat hamil akan menjadi kondisi yang sangat mengganggu. Tenang, kamu bisa mengatasinya dengan mengonsumsi pisang untuk meredakannya. Pisang bisa membantu menjaga tingkat keasaman di perut dan kerongkongan, yang kemudian mencegah mulas. Dengan begitu, kamu bisa lebih tenang dan rasa mulas pun akan segera pergi.

7. Menambah energi.

Manfaat pisang untuk ibu hamil  © freepik.com

foto: freepik.com

Pasti kamu tahu deh kalau pisang dapat menambah energi. Buah yang satu ini memang bisa mengatasi berbagai permasalahan. Bahkan ada juga yang menjadikannya menu sarapan sehari-hari. Hal ini dikarenakan pisang kaya akan karbohidrat dan gula. Kandungan ini dapat memberikanmu tambahan energi dengan cepat saat merasa lelah. Terutama untuk ibu hamil, pasti akan ada banyak energi yang terkuras seiring perkembangan janin. Kamu juga bisa mengonsumsi pisang sebagai pengganjal rasa lapar yang tiba-tiba menyerang.

8. Menstabilkan tekanan darah.

Manfaat pisang untuk ibu hamil  © freepik.com

foto: freepik.com

Manfaat pisang lainnya untuk ibu hamil adalah mampu menstabilkan tekanan darah. Pisang dikenal memiliki kandungan kalium yang tinggi di dalamnya. Kalium adalah nutrisi penting yang digunakan tubuh untuk menjaga tekanan darah. Mengonsumsi pisang secara teratur, dapat membantu menjaga tekanan darah agar tidak terlalu berfluktuasi selama kehamilan. Yuk coba!