Brilio.net - Salah satu tradisi yang dilakukan oleh banyak umat Islam di Indonesia adalah ziarah kubur. Kegiatan ini adalah mendoakan sesepuh, orang tua, sampai kerabat yang sudah meninggal dengan mendatangi makamnya. Ziarah kubur sering dilakukan terutama jelang Ramadan atau ketika Idul Fitri.

Biasanya, para anak dan cucu turut diajak ke makam untuk ikut mendoakan. Hal ini karena doa anak yang saleh merupakan amalan yang tak putus bagi seorang muslim atau muslimah ketika meninggal dunia menurut hadis Nabi Muhammad SAW.

Nah, baru-baru ini di media sosial tersebar sebuah video ziarah kubur yang viral. Pasalnya, video tersebut menampilkan momen tak biasa. Diunggah pemilik akun TikTok @ubed507, dalam video terlihat kompleks makam yang ramai didatangi peziarah. Mereka datang untuk mendoakan sekaligus merapikan makam keluarga dan kerabat yang telah mendahului.

Lalu terlihat seorang anak kecil yang tampaknya masih berusia di bawah lima tahun (balita). Ia terlihat ikut mengaji sambil jongkok di pinggir makam.

aksi bocah saat diajak ziarah makam kakeknya TikTok

foto: TikTok/@ubed507

"Ngaji jilit di makam mbah buyut," tulis keterangan dalam video tersebut, dikutip brilio.net, Rabu (13/3).