Brilio.net - Mbah Mad merupakan seorang ulama terkemuka yang kharismatik. Pemilik nama asli Kiai Haji Ahmad Abdul Haq Dalhar Watucongol ini lahir pada tahun 1928 di Muntilan, Kabupaten Magelang. Dia memiliki pengaruh yang kuat terhadap penyebaran agama Islam, khususnya di daerah Magelang. 

Selama masa hidupnya, dia juga menghabiskan waktu untuk mengurus pondok pesantren. Mbah Mad merupakan generasi keempat pengasuh Pondok Pesantren Darussalam Watucongol yang berada di  Gunungpring, Muntilan, Kabupaten Magelang. Pondok pesantren ini didirikan tahun 1820 oleh Kiyai Abulrauf Bin Hasan Tuqa, kakek buyut Mbah Mad. 

Selain itu, Mbah Mad juga dikenal memiliki karomah atau anugrah kemampuan lebih yang diberikan Tuhan Yang Maha Kuasa. Misalnya, saat Mbah Mad bisa memberi tahu tempat keberadaan sebuah makam wali. Padahal, sebelumnya masyarakat sekitar tidak mengetahui hal tersebut. Sehingga, makam tersebut dianggap makam orang biasa oleh masyarakat. 

Karena karomah atau anugrahnya ini, Mbah Mad menjadi salah satu kiai yang kerap dikunjungi pejabat di era Orde Baru. Bahkan, Mbah Mad juga merupakan sosok tokoh spiritual yang disegani banyak kalangan mulai dari ulama, politisi dan pejabat.