Jajaran mantan presiden Republik Indonesia, seperti almarhum Abdurrahamn Wahid atau Gus Dur, Megawati Soekarnoputri, Susilo Bambang Yudhoyono, dan Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla juga kerap mengunjungi Mbah Mad di Watucongol. 

Pejabat lain seperti Akbar Tanjung yang merupakan Mantan Ketua DPR hingga Mantan Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Indonesia, Wiranto juga pernah berkunjung. Mereka mendatangi Mbah Mad untuk meminta doa dan restu agar diberikan kelancaran. 

Mbah Mad mempelajari ilmu spiritual dari ayahnya yaitu Mbah Dalhar. Mbah Dalhar dikenal masyarakat sebagai seorang waliyullah. Ini dikarenakan Mbah Dalhar memiliki kemampuan untuk merasakan kehadiran Tuhan Yang Maha Kuasa di sekitarnya. Sehingga hal inilah yang membuat Mbah Mad bisa mendapat turunan ilmu dan kemampuan yang barokah bagi para santrinya. 

Makam Mbah Mad © 2023 brilio.net

foto: Azahra Amalia Sugiyarto

Mbah Mad juga merupakan sosok yang memiliki jiwa nasionalis. Dia selalu rutin mengadakan tirakatan pada malam peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia. Mbah Mad tutup usia di usianya yang ke 82 pada tahun 2010 di Rumah Sakit Harapan, Kota Magelang. 

Hingga saat ini makamnya masih ramai dikunjungi para peziarah. Hal ini tidak terlepas dari pengaruh Mbah Mad dalam mengajarkan pendidikan agama di pesantren dan masyarakat.

 

Reporter: mg/Azahra Amalia Sugiyarto