Brilio.net - Husein Djajadiningrat merupakan seorang sarjana pribumi pertama, sekaligus orang pertama yang menerima gelar akademik tertinggi (doktor) di Hindia Belanda. Bernama asli Pangeran Ario Husein Jayadiningrat, lahir di Kramatwatu, Serang, Provinsi Banten. Ia lahir pada 8 Desember 1886.

Prof. Dr. Husein Djajadiningrat dikenal sebagai sosok yang fokus di dunia keilmuan, arkeolog sekaligus budaya. Ia mendapatkan gelar doktor dari Universitas Leiden, Belanda pada tahun 1913 dalam bidang bahasa dan kebudayaan Indonesia di Universitas tersebut.

kakek dimas djajadiningrat © berbagai sumber

foto: www.toelip.wixsite.com

Melansir dari www.encyclopedia.jakarta-tourism.go.id, ilmuwan bernama lengkap Pangeran Ario Husein itu mengungkapkan gagasan majunya tentang kebudayaan di Banten. Gagasan itu tertuang dalam disertasinya bertajuk 'Critische Beschouwing van de Sadjarah Bantn: Bijdrage ter Kenschetsing van de Javaansche Geschiedschrijving' ('Tinjauan Kritis tentang Sadjarah Bantn': Sumbangan untuk Mengenal Karakteristik Historiografi Jawa').

Husein Djadjadiningrat merupakan putra dari R. Bagus Jawainata, yang pada saat itu merupakan bupati Serang. Sebagai anak bupati, Husein mendapatkan previlage bisa bersekolah sampai tingkat Hogere Burger School (HBS). Sebuah sekolah menengah lima tahun yang hanya bisa dinikmati oleh kalangan tertentu saja.

kakek dimas djajadiningrat © berbagai sumber

foto: wikipedia.com

Usai mengenyam pendidikan di Belanda, Husein Djajadiningrat kemudian kembali ke Indonesia sebagai peneliti sekaligus menjadi guru besar di Sekolah Tinggi Hukum di Jakarta. Pada tahun 1948 Husein diangkat menjadi Menteri Pengajaran, Kesenian, dan Ilmu Pengetahuan pada masa pemerintahan Soekarno.

(brl/lea)