Brilio.net - Buya Syafii Maarif berpulang hari ini Jumat (27/5) pukul 10.15 WIB di RS PKU Muhammadiyah Gamping, Yogyakarta. Kabar tersebut disampaikan langsung oleh Haedar Nashir, Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah melalui akun Twitternya.

"Semoga beliau husnul khatimah, diterima amal ibadahnya, diampuni kesalahannya, dilapangkan di kuburnya, dan ditempatkan di jannatun na'im. Mohon dimaafkan kesalahan beliau dan do'a dari semuanya. Pemakaman dll informasinya menyusul," tulis Haedar.

Kabar duka ini pun langsung membuat banyak orang bersedih karena kehilangan salah tokoh terbaik yang dimiliki Indonesia. Beberapa tokoh nasional mengungkapkan belasungkawa atas wafatnya salah satu kader terbaik yang pernah dimiliki Muhammadiyah.

"Umat Islam dan bangsa Indonesia kehilangan lg salah seorang tokoh besarnya. Semoga Buya Syafii diampuni segala dosanya dan mendapat surga-Nya," ucap Mahfud MD melalui akun Twitternya.

Selain itu, Ulil Abshar Abdalla juga mengungkapkan bela sungkawa atas kejadian tersebut.

"Berduka yg mendalam atas wafatnya Buya Ahmad Syafi’i Ma’arif hari ini. Ini adalah kehilangan yg besar bagi Indonesia, dan bagi dunia intelektualisme Islam di negeri kita. Selamat jalan, Buya," tulis Ulil.