Brilio.net - Kabar duka datang dari keluarga besar PP (Pimpinan Pusat) Muhammadiyah. Mantan ketua umum PP Muhammadiyah, Buya Ahmad Syafii Maarif meninggal dunia pada Jumat (27/6) di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gamping, Yogyakarta. Informasi ini diketahui dari unggahan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir lewat cuitan Twitter.

"Muhammadiyah dan bangsa Indonesia berduka. Telah wafat Buya Prof Dr H Ahmad Syafii Maarif pada hari Jumat tgl 27 Mei 2022 pukul 10.15 WIB di RS PKU Muhammadiyah Gamping," tulis Haedar Nashir dilansir brilio.net pada Jumat (27/5).

Buya Syafii sebelumnya sempat dirawat RS PKU Muhammadiyah Gamping, Sleman, Sabtu (14/5) lalu karena mengalami sesak napas. Kondisinya pun sempat membaik sebelum akhirnya menghembuskan napas terakhir. Ditambahkan Haedar Nashir, info pemakaman tokoh penting Muhammadiyah ini akan diinformasikan lebih lanjut.

"Semoga beliau husnul khatimah, diterima amal ibadahnya, diampuni kesalahannya, dilapangkan di kuburnya, dan ditempatkan di jannatun na'im. Mohon dimaafkan kesalahan beliau dan do'a dari semuanya. Pemakaman dll informasinya menyusul. Haedar Nashir, PP Muhammadiyah," imbuhnya.

Meninggalnya Buya Syafii turut membuat masyarakat ikut kehilangan. Pasalnya, mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah ini dikenal akan kesederhanaan dan keteguhannya dalam mengabdikan diri untuk masyarakat. Setelah meninggalkan posisinya di Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Buya Syafii aktif dalam komunitas Maarif Institute. Di samping itu, guru besar IKIP Yogyakarta ini, juga rajin menulis dan menjadi pembicara dalam sejumlah seminar.