Usai masa jabatannya, Prof. Dr. Husein Djajadiningrat kembali menjadi guru besar di Universitas Indonesia. Ia juga sempat menjadi pemimpin umum Lembaga Bahasa dan Budaya (LBB), merangkap sebagai anggota Komisi Istilah di Lembaga tersebut pada 1957.

kakek dimas djajadiningrat © berbagai sumber

foto: Instagram/@mataramroyalblood

Dalam perjalan hidupnya, ia menikah dengan putri tertua Sri Mangkunegara VII yakni B.R.A Partini. Dari pernikahan tersebut, Husein Djajadiningrat dianugerahi 3 putri dan 3 putra. Salah satu putra Husein Djajadiningrat merupakan ayah dari sutradara top Indonesia, tak lain adalah Dimas Djayadiningrat.

Tak banyak yang tahu bahwa sutradara yang berkarya sejak tahun 1993 itu merupakan keturunan ningrat. Ayah Dimas Djay yakni Husein Hidayat Djajadiningrat, adalah putra dari Husein Djajadiningrat.

Nama asli Dimas Djay sendiri adalah Raden mas Asnain Partono Purboyo Djajadiningrat. Namun karena Dimas merupakan anak paling muda, baik dari keluarga ibu maupun ayah, alhasil dirinya dipanggil Dimas.

kakek dimas djajadiningrat © berbagai sumber

foto: Instagram/@dimas.djay

Sang ayah, Kol. Husein Hidayat Djajadiningrat merupakan anggota Kopassus yang pernah menjadi atase militer di Kuala Lumpur, serta ibunya selalu membiasakan Dimas untuk mengerti silsilah keluarganya. Hal itu dilakukan agar Dimas Djay memahami dari mana ia berasal dan menjaga maruah keluarganya.

Nah itu dia sekilas tentang Prof. Dr. Djajadiningrat, pribumi pertama yang bergelar sarjana sekaligus penerima gelar doktor pertama di Hindia Belanda, yang tak lain adalah kakek Dimas Djajadiningrat.