Brilio.net - Ziarah kubur merupakan sunnah yang memiliki banyak keutamaan, salah satunya supaya umat muslim dapat mengingat kematian. Ziarah kubur juga dianjurkan oleh Rasulullah SAW, untuk dapat mengingatkan manusia bahwa ada kehidupan setelah di dunia, yaitu akhirat yang lebih kekal. Hal ini supaya setiap umat muslim semakin beriman kepada Allah dan nggak terlena dengan kehidupan duniawi.

Ziarah kubur memang dianjurkan Rasulullah, selama nggak mengundang kesyirikan. Sebab, ziarah kubur dilakukan untuk mendoakan orang-orang yang telah tiada, bukan untuk meminta pertolongan dalam hal lain yang berujung menyekutukan Allah. Berikut perintah untuk melalukan ziarah kubur sebagaimana yang telah disebutkan dalam salah satu hadits:

“Dahulu saya melarang kalian berziarah kubur, tapi (sekarang) berziarahlah kalian, sesungguhnya ziarah kubur dapat melunakkan hati, menitikkan (air) mata, mengingatkan pada akhirat, dan janganlah kalian berkata buruk (pada saat ziarah),” (HR. Hakim).

Banyaknya manfaat dan hikmah yang dapat diambil dari ziarah kubur, maka dari itu perlu untuk mengenali doa dan tata cara ziarah kubur sesuai sunnah. Lebih lanjut, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, berikut doa ziarah kubur beserta tata cara dan artinya, Selasa (12/4).