Brilio.net - Ketika masuk ke dunia mimpi di tengah waktu terlelap, kamu akan memasuki dunia yang berbeda. Dalam dunia mimpi, kamu bisa saja sedang berada di tempat-tempat tak biasa atau sedang melakukan kegiatan lain. Salah satunya mimpi berkunjung ke sebuah area pemakaman. Makam yang kamu kunjungi pun beragam, bisa makam-makam Wali Songo, makam pahlawan, makam keluarga, bahkan makam Nabi Muhammad SAW.

Dalam mimpi tersebut, kamu berjalan melalui jalan setapak makam yang terawat rapi, menyusuri hamparan tanah yang dipenuhi batu nisan. Terkadang, kamu menemukan tengah berada di dekat makam orang China, menciptakan suasana yang kaya akan budaya dan keberagaman. Ada aroma dupa yang menyelimuti udara, dan suasana di sekitar terasa damai.

Ketika kamu bangun dari tidur, mimpi ziarah ke makam tersebut kembali teringat dan membuatmu bertanya-tanya tentang maknanya. Apakah ini hanya produk acak dari alam bawah sadarku atau ada pesan tersembunyi di baliknya. Mimpi ziarah ke makam ini sejatinya bisa dikulik maknanya berdasarkan beberapa referensi.

Dalam Islam, mimpi ziarah ini bisa memiliki beberapa makna yang berbeda, tergantung situasi dalam mimpi. Maknanya pun bisa berarti bagus, namun juga sebaliknya. Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (19/1), berikut 12 arti mimpi ziarah ke makam menurut Islam.