Brilio.net - Gunting jadi salah satu peralatan penting yang ada di rumah. Alat potong sederhana satu ini berguna untuk banyak hal, mulai dari memotong kertas, kain, hingga kemasan makanan atau produk pencuci yang sulit dibuka menggunakan tangan.

Gunting biasanya terbuat dari bahan stainless steel. Tak sedikit pula yang menggunakan gunting sebagai alat pemotong makanan dan pengganti pisau.

Terkadang secara tak sadar kita kerap menggunakan gunting dalam keadaan tangan basah. Bisa juga kita berada di momen saat kemasan produk yang akan dibuka menggunakan gunting juga dalam keadaan basah.

Lama-kelamaan hal itu bisa membuat timbulnya noda karat pada gunting. Karat tersebut biasanya muncul karena dipengaruhi beberapa hal, mulai dari oksigen, air, bakteri, hingga kotoran. Kalau nggak segera dibersihkan, karat pada gunting akan bertambah banyak dan berujung gunting tak bisa digunakan lagi untuk memotong.

Tapi tenang, gunting yang berkarat bukan berarti nggak bisa dipakai lagi lho. Kamu masih bisa membersihkan dan menghilangkan noda karat tersebut.

Seperti yang dilakukan oleh akun TikTok @inspirasiseniku. Pemilik akun tersebut tak buru-buru membuang guntingnya yang karatan, tapi mencoba membersihkannya dengan menggunakan dua bahan dapur.

trik hilangkan noda karat pada gunting pakai 2 bahan dapur © berbagai sumber

foto: TikTok/@inspirasiseniku