Dilansir dari akun TikTok @casanaf__, ia hanya menggunakan tiga bahan dapur, yakni cuka dapur, minyak zaitun, dan sabu pencuci piring. Langkah pertama adalah masukkan 500 ml air pada gelas takar. Selanjutnya, campurkan 60 ml cuka dapur. Lalu campurkan 1 sendok makan minyak zaitun, tapi kamu bisa menggantinya dengan baby oil. Kemudian, larutkan dengan 1 sendok sabun cuci piring.

Semua bahan yang sudah tercampur itu dipindahkan ke wadah spray agar lebih mudah disemprotkan. Jangan lupa dikocok terlebih dahulu agar bahannya tercampur rata. Cairan pembersih untuk menghempaskan dan melindungi perabotan dari debu pun sudah bisa digunakan.

cara mudah buat rumah minim debu © 2023 brilio.net

foto: TikTok/@casanaf__

Untuk membersihkan rumah dengan cairan ini cukup mudah. Caranya adalah semprotkan cairan tersebut pada kain lap yang bersih. Kemudian mulai lap bagian rumah yang perlu dibersihkan. Cairan ini multifungsi, bisa digunakan untuk membersihkan kaca dan cermin, lho.

"Semprotkan ke kain lap. Lap bagian yang berdebu. Boleh dipakai juga untuk lap kaca, dll," tulis @casanaf__, dikutip brilio.net pada Selasa (10/10).

Hasilnya, rumah menjadi kinclong karena semua debu berhasil terangkat pada kain lap. Bersihkan rumah secara rutin setiap bulannya agar bebas dari debu. Dengan cara ini, kamu tidak perlu kesulitan lagi untuk membersihkan debu membandel.

"Lakukan ini setiap bulan agar rumah bebas dari debu," ujarnya.

cara mudah buat rumah minim debu © 2023 brilio.net

foto: TikTok/@casanaf__

Jika biasanya pemilik rumah harus membersihkan debu seminggu sekali, dengan cairan tersebut ia hanya perlu melakukannya sebulan sekali. Unggahan video tersebut telah ditonton lebih dari 328 ribu kali. Warganet pun berterima kasih dengan tips yang disarankan oleh pemilik akun.

"Noted air, cuka, zaitun, sabun cuci.mksh ilmunya," kata @yantiali_88.

"Terima Kasih ," kata @zakiahfairuz.

"Makasih kak infonya, nanti aku coba," kata @xxxxxmmm532.

"Pusing banget di rumah debunya banyak,rumah pinggir jalan apa smua nya kem gini ya??" kata @nurlalelah.

"bener,tp bbrp peralatan tu kalo di lap pake air doang suka ada bercak2 pas kering.nah salah satu fungsi cuka tu bisa bikin kinclong tanpa bercak," kata @seruseruanajages.

@casanaf__ Homey hacks #rumahminimalis#homedecortik #homedecortiktok In the Bosom - Sweet After Tears