manfaat oli bekas © YouTube

manfaat oli bekas jadi cat plitur antirayap
YouTube/TUKANG AB

Siapkan botol bekas, lalu potong menjadi dua bagian, dan ambil bagian bawahnya saja. Tuangkan oli bekas ke dalam wadah secukupnya. Siapkan juga kuas cat berukuran sedang seperti dalam gambar.

Pilih beberapa furnitur maupun perabotan yang terbuat dari kayu. Biasanya, jenis perabotan atau furnitur yang terbuat dari material kayu ini semakin lama semakin kusam. Cukup olesi menggunakan oli bekas, penampakan furnitur tersebut kembali seperti baru.

manfaat oli bekas © YouTube

manfaat oli bekas jadi cat plitur antirayap
YouTube/TUKANG AB

Selain mempercantik tampilan furnitur, oli bekas dapat mencegah rayap maupun serbuk kayu, yang bisa merusak peralatan maupun perabotan kayu di rumah.

"Selain itu juga bisa kita manfaatkan sebagai antirayap. Jadi supaya si kayunya ini tidak dimakan rayap, cukup dengan oli bekas saja," tulis unggahan tersebut.

manfaat oli bekas © YouTube

manfaat oli bekas jadi cat plitur antirayap
YouTube/TUKANG AB

Oli bekas juga bisa dipakai sebagai pelumas engsel pada jendela maupun pintu. Jika pintu atau jendela di rumah kamu berdenyit ketika dibuka-tutup, maka cukup dengan mengoleskan engsel pakai oli bekas, pintu kembali normal.

"biasanya dikarenakan karena memang usianya sudah lama, jadi gesekan antara besi ini sudah tidak ada pelicinnya lagi. Jadi oli bekas tadi bisa kita manfaatkan untuk menghilangkan bunyi seperti ini (berdenyit)," jelasnya.

Kamu dapat mengaplikasikan memakai cutton bud. Oleskan engsel menggunakan oli bekas secara merata. Setelah itu lap menggunakan tisu agar sisa oli tidak menetes ke lantai.

"Aq punya lemari piring yg dr kayu nnt klo d olesi oli bekas akan menempel ga bau nya bang AB," tanya @mmhkakang4645.

"Wah wah wah mantap banget ini," kata @rizkyhenkyputra9497.

"3 manfaat dari oli bekas yang sangat bermanfaat saya suka fungsi yang ketiga om ab," ujar @imamhafizi-wd6oi.