Brilio.net - Memesan barang secara online kini sudah menjadi kegiatan menyenangkan bagi sebagian besar masyarakat hampir di seluruh dunia. Pasalnya belanja online memudahkan banyak orang, mereka tidak perlu repot-repot datang ke tokonya langsung. Cukup pesan, bayar, dan barang dikirim.

Tidak hanya itu saja, semakin ke sini kemudahan belanja online kian meningkat. Orang tak perlu repot transfer uang untuk membayar pesanan mereka, cukup tunggu barang sampai dan langsung bayar ke kurirnya, dikenal dengan COD.

Namun ada beberapa kendala yang terkadang membuat para kurir kesal. Salah satunya, ketika mereka ingin mengantar barang, si pemesan tidak ada di rumah. Alhasil barangnya harus mereka bawa lagi dan melakukan pengiriman ulang di hari selanjutnya. Cukup merepotkan memang.

Untuk mengatasi hal itu, ada tips yang viral di TikTok belakangan ini. Tips ini tidak hanya memudahkan si pemesan saja, namun juga bikin kurir girang. Dilansir brilio.net dari unggahan TikTok @kangpaketjnt, Kamis (2/12) seorang kurir membagikan pengalaman menyenangkannya ketika COD.

Saat kurir tiba di rumah si pemesan, rumah tersebut kosong. Namun kurir ini tidak kesal atau marah, lantaran dia mendapatkan pesan plus bayarannya. Si pemesan cukup cerdik, dia menaruh uang di dalam botol plastik, dan menggantungnya di depan rumah bersamaan dengan sepucuk surat.

tips COD pas lagi nggak di rumah TikTok

foto: TikTok/@kangpaketjnt

Dalam surat itu berisikan "Mang paket ieu artos na dina botol. Angsul na candak we (Mang paket ini uangnya di dalam botol. Kembaliannya ambil aja)."

Si kurir pun menghitung uang yang ada di dalam botol itu. Total uang yang diberikan Rp 30 ribu. Sang kurir pun berterima kasih, dan langsung meletakkan paketnya di depan pintu serta ditutup kain agar lebih aman.

tips COD pas lagi nggak di rumah TikTok

foto: TikTok/@kangpaketjnt

Pada unggahannya itu kurir mengatakan bahwa ini adalah contoh COD yang menyenangkan, ketika si pemesan tidak ada di rumah.

@kangpaketjnt

patut di conto buat yg pesen COD ##TaktikCantikHanasui ##OPPOA95PerformaAndalanmu ##fyp

suara asli - kangpaket

"Patut dicontoh buat yg pesen COD jika keluar rumah," tulis kurir tersebut pada video.

Unggahan TikTok ini pun menarik perhatian banyak orang. Mereka senang atas kerja sama yang baik antara pemesan barang dan kurir. Namun ada beberapa pula yang mengatakan bahwa mereka takut meletakkan uang seperti itu, khawatir di maling.

"Pengen sih gini karena sering keluar, tapi takut uangnya diambil orang," kata @girls.

"Nih inspirasi," ujar @Baperansepertibocil.

"Sebuah solusi," timpal @Suryanii.

"Bisa ditiru," tulis @Shindyputri