Biawak itu berukuran cukup besar, bahkan bisa dibilang hampir seukuran buaya. Namun, itu tak bikin warga takut karena suatu sebab. Ternyata, sebabnya biawak tersebut selama ini jadi semacam petugas keamanan bagi perumahan.

Menurut penuturan pengunggah, predator besar itu bikin perumahan justru aman dari hewan-hewan liar lain yang kerap mengganggu. Misalnya saja ular atau tikus. "BINATANG INI BILA ADA MAKA PEMUKIMAN KAMI AMAN DARI ULAR DAN TIKUS," katanya di keterangan tertulis dalam video.

Biawak keliaran di perumahan © TikTok

foto: TikTok/@komarulhuda8888

Lebih lanjut, pengunggah bahkan berharap orang lain tak takut dengan biawak tersebut. Ia khawatir, jika biawak itu menimbulkan ketakutan dan justru diburu. "SEMOGA TIDAK DI BURU ORANG2 KARENA KAMI TIDAK TERGANGGU," terang @komarulhuda8888.

Memang, biawak termasuk jenis hewan karnivora. Maka dari itu, tikus yang kerap berkeliaran di pemukiman bisa jadi sasaran empuknya. Di sisi lain, ketika biawak itu kenyang karena tikus, warga jadi nggak terganggu sama hewan kecil tersebut.

Biawak keliaran di perumahan © TikTok

foto: TikTok/@komarulhuda8888

Alhasil, video tersebut viral di TikTok. Hingga artikel ini ditulis, video tersebut telah ditonton 261,4 ribu kali, disukai 6498 kali, dan dikomentari 1024 kali. Beberapa komentarnya tertulis sebagaimana berikut.

"biawak mencegah adanya ular. biarkan saja," ujar akun @cnesuparman89.

"biawak jarang menyerang manusia, dia juga makan tukua got yang kucing gak doyan," tulis akun @rhiqrex.

"biawak mah dimana mana ada klo liat orang dia pasti lari,nah kalo komodo dia klo liat orang lari juga,tapi kearah lu," komentar akun @lscnc.

@komarulhuda8888

 

suara asli - komarul Huda