Brilio.net - Bias adalah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan perilaku seorang individu ketika dihadapkan dengan sebuah pilihan atau kondisi untuk mengambil keputusan. Dalam membuat sebuah keputusan, biasanya seseorang akan mempertimbangkan banyak hal baik dari fakta dan risiko yang akan dihadapi jika mengambil keputusan tersebut. Bias juga merupakan salah satu istilah yang familier digunakan di dalam cabang ilmu psikologi.

Secara sederhana, bias dapat diartikan sebagai penyimpangan dalam berpikir akibat dari penyederhanaan otak manusia untuk menyerap informasi. Umumnya bias dapat muncul sebagai kombinasi dari pengalaman, prasangka, dan norma sosial yang berlaku di masyarakat. Nah untuk memahami lebih jauh mengenai bias, berikut brilio.net merangkumnya dari berbagai sumber, Kamis (4/8).

Pengertian bias

bias dan jenis-jenisnya © berbagai sumber

foto: Nik Shuliahin/Unsplash

Bias dapat didefinisikan sebagai asumsi atau keyakinan yang irasional. Bias juga dapat memengaruhi seseorang dalam mengambil keputusan berdasarkan bukti dan fakta. Pendapat lain menyebutkan bahwa bias adalah kecenderungan terhadap sesuatu atau seseorang. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), bias memiliki banyak makna, salah satunya adalah penyimpangan atau pembelokan. Bias juga dapat dimaknai sebagai salah satu bentuk penyimpangan dalam berpikir yang dapat memengaruhi penilaian atau keputusan individu dalam membuat sebuah keputusan.

Bias terjadi akibat dari penyederhanaan otak manusia untuk menyerap dan meringkas informasi yang diperoleh, agar tidak terlalu kompleks dan mudah dipahami. Hasil dari penyederhanaan tersebut digunakan sebagai pertimbangan dalam membuat sebuah keputusan.

(brl/ola)