Brilio.net - Pesimis merupakan sifat negatif yang ada dalam pikiran seseorang. Hal ini bisa saja disebabkan karena setiap manusia pasti pernah mengalami kegagalan, terpuruk, dan mengalami berbagai hal yang tidak sesuai dengan apa yang diinginkan. Sehingga merasa adanya kekecewaan dari kegagalan yang menimbulkan sikap pesimis.

Pada dasarnya kekecewaan menjadi sesuatu hal wajar yang sering dijumpai, tak jarang rasa ingin menyerah akan muncul. Namun, seseorang dapat mengubah sikap pesimis dan berpandangan positif ke depan. Sebab, berpikir pesimis akan membuat seseorang lebih lambat merespons usaha yang dapat membantu untuk keluar dari masalah.

Bahkan pikiran pesimis dapat menimbulkan perasaan depresi pada seseorang. Tak jarang, ia juga cenderung menyalahkan diri sendiri, orang lain, atau bahkan lingkungan. Jika sedang merasa pesimis, yang terpenting adalah bagaimana cara untuk menghadapi semua hal tersebut dan mencari jalan keluarnya.

Nah, untuk dapat memahami lebih lanjut, berikut penjelasan mengenai arti pesimis, ciri-ciri, dan cara mengatasinya sebagaimana dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (3/8).

 

(brl/tin)