Brilio.net - Menemukan uang nggak selamanya membuat seseorang jadi kegirangan. Apalagi jika kamu menemukan rezeki nomplok itu dalam jumlah nominal yang besar. Sebab, kejadian ini bisa membuat seseorang menjadi takut terlibat dalam permasalahan yang rumit. Maka dari itu, seorang pria asal Korea Selatan yang pernah mengalami kejadian ini, memilih untuk mengembalikan uang temuannya.

Pria yang tidak disebutkan identitasnya itu mengalami kejadian yang tak tanggung-tanggung. Menyambut kulkas yang ia beli di online shop, pria tersebut dibuat terkejut karena menemukan uang tunai setara dengan Rp 1,3 miliar. Uang itu ia temukan di bagian bawah kulkas dalam kondisi tertempel. Jumlah yang begitu besar itu membuat sang pembeli kulkas merasa bingung. Sehingga ia pun memutuskan untuk segera melaporkannya ke pihak kepolisian.

Penemuan uang Rp 1,3 M di dalam kulkas © Istimewa

-foto ilustrasi: pexels.com

"Itu merupakan uang dengan jumlah yang sangat besar. Tidak masuk akal karena kami jarang dapat kasus seperti itu," begitu penjelasan pihak kepolisian yang menangani kasus tersebut.

Menurut laporan MBC News, uang itu dikemas dalam lembaran plastik transparan dan ditempel langsung di bawah lemari es. Sejak dilaporkan pada (6/8) lalu, petugas yang berwenang melakukan penyelidikan untuk mengidentifikasi sumber uang tersebut, termasuk dari penjual kulkas online.

Diketahui, meskipun penemu uang telah mengembalikannya kepada polisi, dia masih memiliki kesempatan untuk mendapatkannya kembali. Hal ini berdasarkan Undang-Undang penemuan barang hilang yang berlaku di Korea Selatan. Apabila pemiliknya tidak dapat dilacak, maka penemunya dapat menyimpannya.

Dijelaskan bahwa pemilik kulkas itu akan mendapatkan uang tunai setelah membayar sebesar 22% dari jumlah pajak. Selain itu, ia dijamin akan mendapatkan potongan kompensasi, bahkan jika pemilik uang itu ditemukan. Akan tetapi, jika uang itu berkaitan dengan catatan kriminal, maka uang akan dikembalikan kepada negara untuk diproses dengan ketentuan yang berlaku.

Rupanya, trik menyimpan uang di kulkas sudah menjadi tren di kalangan masyarakat. Menurut laporan The Korea Times di tahun 2016, terdapat kebiasaan masyarakat Korea yang menyimpan uang tunai di kulkas penyimpan kimchi. Alasan dari tindakan ini dikarenakan suku bunga bank yang rendah.

(brl/far)

(brl/far)